Jumat, 13 Juli 2018

Cara gampang merubah ukuran Milimeter atau inches menjadi centimeter di Adobe Indisgn

Sip, kali ini aku mau bagiin tips nih buat kalian. Ngomong-ngomong ada yang belum tahu software ini? Yaitu Adobe Indisign. Software ini sendiri bawaan dari Adobe Master CS6. Ada beberapa versi pada Adobe sebenarnya dari yang paling kecil itu Adobe CS3 tapi sebelumnya juga Adobe menguarkan versi CS 1 & 2 (Tapi aku sendiri gak pernah pake sih hehe banter-banter CS3) terus ada juga yang paling tinggi yaitu Adobe CC 2018 Tapi kata temen buat ngebajak nih software susah soalnya makin canggih securitynya haha. Yah, apalah daya komputer cuma masih sanggup menampung CS6 hehe. Syukuri saja yang ada.

Biasanya, Indisign aku pake untuk melayout sebuah naskah buku. Kalau suka ada yang nanya 
"Kak, kok bisa rapih design bukunya pake apa sih?"
"Pake Adobe indisgn dek."
Aku juga tahu ini karena aku kerja di bagian layout buku design buku di sebuah penerbitan di jakarta. Dulu sih tau ini pas waktu interview sama user dia bilang 
"Kamu bisa software indisgn", terus aku celingukan aku bilang aja
"...Iiya bisa bu." Padahal mah Nggak ngerti hahaha 
"Nanti ada tes pake software itu lebih baiknya kamu kembangin itu ya."
"Siap bu."
terus pulang kerumah buru-buru instal adobe indisgn yang portebel baru deh belajar hahaha. kocak banget sih emang kalau dipikir. Tapi alhamdulillahnya aku diterima diperusahaan tersebut.

Oke skip, kita langsung aja praktekin ya? ini buat kalian yang udah tau dan yang belum tau dan juga yang baru mau tau hehe.
Cekidot..

Pertama kalian harus buka dulu Adobe indsign nya. jangan sampe gak dibuka. Terus kita klik File > New > Documen untuk membuat lembar kerja baru. 

Tampilan kedua akan seperti ini, bisa dilihat ukurannya masih Milimeter, Nah aku mau ngerubah jadi centimeter gitu. Ini kita klik OK aja gapapa

Tampilan ketiga seperti ini.

Nah, perhatiin di sini ya.. Klik menu Edit > Preferences > Unit &Increments

Lalu ganti Milimeter menjadi centimeter. Klik OK

Untuk merubah ukuran Bleed bisa lihat di master di pojo kanan atas ya, tuk yang diblok biru itu namanya master istilahnya tuh kaya pusat dari semua halaman buku, mau buat nomor halaman, mau buat header halaman menggunakan gambar, dll editnya harus di sini. Jadi saat begitu kita sudah di halaman buku kita tidak perlu repot-repot mencopy-paste tiap halamannya karena riskan geser gitu.




Oke, seselai deh. 
Cukup sekian dan terima kasih ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komunitas Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan