Selasa, 31 Juli 2018

Pangeran kuda besi

7/31/2018 10:30:00 PM 0
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Related image
GarduOto.com sumber

Sebenarnya malam ini cuma mau nulis kejadian hari ini. Ya, tanggal 31 July 2018 sepertinya hari .. bukan hari tersial sih tapi justru dihari ini aku mendapatkan pelajaran yaitu Kesabaran, Keiklasan, dan Selalu Mengingat Allah bahwa diserap kesulitan pasti ada jalan.

Jadi ceritanya begini, bukan baper atau gimana sih ya. Cuma buat jadi kenangan aja, sayang kalau gak ditulis suka lupa haha.

Oke. Dear diary #jiieelah ribet bener haha.

Setiap Senin sampai Jumat adalah hari kerjaku seperti biasa, lalu dipagi hari seperti biasa ku panasakan motor  dengan cara men-stater motor gak lama berpamitan dengan bapak dan ibu, ku tancap gasku menuju kantor.

Diperjalanan gak ada hal yang menarik sih selain kemacetan hiruk pikuk kota jakarta, polusi udara dan yang ngebuat hati pengennya marah-marah aja kalau udah melewati kemacetan, saling beradu setang motor untuk bisa saling mendahului.

Hingga beberapa menit kemudian sampailah aku di tempat kerja. Sebelum ke kantor ku sempatkan diri menuju ke indomaret niat untuk membayar tagihan pulsa haha. Waktu sampai didepan indomaret motor tiba-tiba mati dan gak bisa distarter. "Waduh" untung udah sampe kantor kalau belom bisa telat nih. Pas mau jalan lagi kudu diselah, diselah berkali-kali sempet nyala mati. Hampir frustrasi deh tapi akhirnya nyala juga. Pas lagi nyelah sendal sepatu pake acara jebol, kan subhanallah banget haha. Pengen marah malu di tempat umum. Pada akhirnya dengan kondisi sepatu jebol aku pun tetap mengendarai sepeda motor ku. Hahaha

Oke, next langsung aja lanjut waktu menunjukkan pukul 05.00 coming back home! Kata ku dalam hati, tapi ada perasaan was-was karena inget motor yang gak bisa distater. Waktu solat dan pulang juga berdoa terus semoga motor gak mogok ditengah jalan.

Gak lama mba Mutia nge'Wa'
"Ndah, bareng yak sampai penvil?"
"Oke, mba.."

Setelah absen mulai deh nih mulut komat-kamit (berdoa) ngeliatin motor. Dan bener aja susah bangettttt buat nyalain tuh motor. Uluuhhh ngadat nih motor. Dengan kepolosan ku, terus saja ku selah tanpa tau sebabnya apa. Masalahnya tadi pagi aja bisa gitu pikirku.

Alhamdulillah nyala juga! Tapi sepanjang jalan gas tak pernah ku lepas, walau pun lampu merah sekali pun tetap ku gas meski pelan. Kocak emang! Tapi kalau gak gitu takutnya mogok dan daerah situ gak ada bengkel "aku kudu piyeee" paling nangis bisanya.

Pada akhirnya motor ku tak kuasa dan akhirnya mati di daerah panglima Polim. Beruntung sekali Alhamdulillah keadaan tidak macet, kalau macet dan padat malu gitu soalnya bakal diliatin tanpa ada .yang nolongin. Serius gak kepikiran bakal ada yang nolongin soalnya orang Jakarta mah kejam kalau ada kecelakaan aja malah difoto bukannya ditolong. MIRIS BUT IT'S TRUE. Bingung mau ngapain kalau udah mogok, mana sendirian mau dorong juga berat banget, cewe strong banget kan ya? Pada akhirnya aku gak tau harus nelpon siapa dan ku putuskan untuk menelpon bapak.

Salah memang, orang tua pasti bakal khawatir banget dan akhirnya beberapa saat setelah berusaha ku selah motor nyala, ku bilang pada orang tua kalau motor sudah nyala. Gak ada 10 menit baru jalan sebentar motor mati lagi, Aduuhh Gusti cobaan mu subhanallah. Sabar, sabar. Ku coba selah terus, terus dan akhirnya gak lama ada seorang laki-laki yang berhenti menawarkan bantuan.

Awalnya sih dia gini..
"Jeglek jeglek" aku sibuk nyelah motor
"Kenapa mba?, Bisa nyala gak motornya?"
"Tadi sih bisa mas tapi sekarang mati lagi.. tadi di panglima Polim mati terus saya selah lagi gak nyala-nyala".
"Jeglekjeglek" si mas-nya lagi berusaha buat nyelah motor.
"Ada akinya gak mba?".
"Waktu dulu sempet mati, terus dibawa ke bengkel bukannya bener malah tambah rusak katanya businya padahal bengkel Yamaha juga"
"Waduh, yaudah coba saya strum pake aki saya" tapi dia sebenarnya bukan ngomong strum bahasa otomotif nya apaan ye? Lupa deh. Kurang lebih begitu. Jadi akinya dia ditempeli ke aku motor ku yang mogok itu.
"Mba, coba nyalain deh tapi digas terus ya"
Weh, ini hadep-hadepan gitu jadinya gatau sih kenapa aku jadi yang gerigi gitu haha. Dia sambil megang aki dari sisi kiri dan aku dari sisi kanan buat stater motor.
"Jangan diteken remnya mba"
"Ngga mas.."
Berkali-kali nyala mati nyala gitu aja terus. Dan akhirnya dia berinisiatif.
"Yah, ini akinya udh gak mau narik mba ini rem tangannya yang konslet, nih lampu belakangnya panas banget".
"Oh, gitu ya mas? Saya gak paham soalnya, kemarin sempet ganti ban dan ganti canva rem juga soalnya karena udh abis gitu"
"Iya, ini udh gamau narik buktinya pas di strum. Yaudah gini aja saya ganti dulu akinya pake aki motor saya nanti pas udah ketemu bengkel baru tuker lagi".
"Loh? Emang motor mas bisa jalan tanpa aki?"
"Bisa motor saya mah"
"Tik tok tik" mikir keras..
Dan si mas-nya berusaha buat buka baut aki dimotor tapi susah.
"Duh, susah banget ini dibuka.. nasib dah"
"Serius mas? Coba pake tenaga dalam gitu pake kekuatan super haha"
"Gabisa ini harus pake obeng yang panjang itu baru bisa"
"Coba saya coba" penasaran.. padahal gak bisa juga kan kocak banget dasar.
"Oh iya keras deh, jadi gimana dong mas? Duh saya gak bisa pulang dong nanti kalau gini huhu" kata ku mengeluh.
"Pulang kok mba tenang aja.. emang rumahnya di mana?"
"Di larangan, Cileduk tau ga?"
"Tau, eh masih jauh ya.. yaudah gini aja kalau gak nanti mba jalan didepan, saya dorong pake kaki dari belakang. Nama bahasa otomotif nya apa gitu dia bilang, lupaaa aku.. pokoknya di sini sempet nanya deh dan artinya yaitu dorong dari belakang.

Akhirnyaa didorong sambari mencari bengkel, ketemu didaerah mana itu lupa tadi. Ya Allah, Ndah. Lupa Mulu hidup lu perasaan! Macem org tua aja sudah pikun.
"Mba, ini bengkel"
"Oh, iya mas.." sempet kebablasan karena dorongnya kekencangan haha.
Akhirnya ketemu bengkel di daerah petoggoan persis sampingnya itu Alfamart petoggoan.
Dari sini semua yang ngatur si mas-nya. Ya Allah mimpi apaan ya ada orang baik nolongin sampe bener-bener dikasih tau kerusakan apa aja yang ada dimotor.

Biasanya mah kalau orang cuek udah ketemu bengkel yaudah pergi gitu ya? Ini dia nungguin malah merhatiin nyuruh Abang bengkelnya begini,begitu. Malah sempet debat masalah servis motor aku hanya bisa tertawa dalam hati. Baik banget itu laki-laki beneran deh. Gatau gimana jadinya kalau gak ditilongin dia mungkin Ampe malem gue di panglima Polim hahaha.

Keinget si bapak yang udah terlanjur jemput sesegera mungkin kukabari bahwa servis motor sudah selesai dan yang bikin takjub nya lagi
"Mba, nanti duluan saya ikutin dari belakang nanti biar ketemu sama bapaknya di mana? Kan kalau ada yang ngikutin mah aman insyaAllah."
"Iya mas, eemm ngomong-ngomong makasih banyakk ya mas, maaf ngerpotin kalau gak ada mas mungkin saya gatau deh hehe".
"Sama-sama mba"
*Niat berjabat tangan* aku yang sudah menyodorkan tangan seketika ku tarik lagi karena dia tak ingin menyentuh tangan ku. Seketika malu sih, ku pikir mas nya bukan tipe seperti itu ternyata dia ngerti agama. Alhamdulillah.

Di kemacetan sembari ngobrol ringan saling bertanya soal pekerjaan dan posisi apa yang kita pegang saat ini. Mas-nya rada kaget sih waktu aku bilang jadi designer dipikir gajinya gede kali yak? Padahal mah sama Bae, bisa buat bayar kuliah aja Alhamdulillah hehe.

Dan akhirnya di Deket belokan Puri ada suara laki-laki yang aku kenal Yap dia bapak ku. Untung keadaan jalan sepi jadi terdengar saat memanggil
"Endah."
"Ettt. Babe tuh"
Tiiiinnn (segera ku klakson mas-nya karena ngebut)
Mas-nya berhenti dan berjalan mundur dengan motornya.
"Mas, itu udah ada bapak saya"
"Oh?" Dia bukannya pergi malah menunggu bapak mendekatinya
"Mas, yang bantuin anak saya ya?"
"Iya pak, tadi begini-begini (obrolan motor)"
"Oh, ganti aki?" Raut muka bapak udah gak enak soalnya tau aki mahal
"Iya pak soalnya begini-begini"
Dan akhirnya bapak luluh. Eaaa haha

Dan mereka berjabat tangan. Ya Allah ngapa ada yang buat dag-dig-dug aja gitu liat mereka jabat tangan.

Yah, Allah itu gak akan menyusahkan hambanya Allah itu maha mengetahui kebutuhan hambanya. Mungkin juga Allah menuliskan takdir selanjutnya yang tidak ku ketahui nantinya.

Berdoa buat mas-nya semoga dilapangkan rejekinya, lancar pekerjaannya dan diketemukan jodoh secepatnya. (Berharap kita jodoh sih) ea kalau Allah sudah menghendaki why not?

Sekian

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Senin, 16 Juli 2018

Muhasabah

7/16/2018 02:14:00 PM 0
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

MUHASABAH



بسم الله الرحمن الرحيم

Ketika kita bersalah Allah datangkan Sahabat untuk Menegur.
Ketika kita berjalan yang benar Allah datang orang untuk menemani
Ketika kita sedang di uji Allah datangkan Sahabat untuk membantu kita
Ketika Sabahat sedang di uji Allah memberi kekuatan pada kita untuk membantu
Hargailah sahabat karenanya membuka jalan kita ke pintu surga.

وَإِنْ يَمْسَسْكَ اللَّهُ بِضُرٍّ فَلَا كَاشِفَ لَهُ إِلَّا هُوَ وَإِنْ يَمْسَسْكَ بِخَيْرٍ فَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ .
💫 _“Dan jika Allah menimpakan suatu kemudaratan kepadamu, maka tidak ada yang menghilangkannya melainkan Dia sendiri. Dan jika Dia mendatangkan kebaikan kepadamu, maka Dia Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu.”_ (QS. AL-An’am: 17)
.
Mari bermunajat

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ
“ALLOOHUMMA INNII A’UUDZU BIKA MIN ZAWAALI NI’MATIK, WA TAHAWWULI ‘AAFIYATIK, WA FUJAA’ATI NIQMATIK, WA JAMII’I SAKHOTHIK”*_ .

"Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu."_ (HR. Muslim no. 2739)

آمــــــــــــــين
اللهم آمــــــــــــــين
اللهم يا مجيب السائلين
Wallahu'alam.

🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃

``⚡ Ikatan Mahasiswa Muslim Universitas Pamulang```⚡ .

📱Follow us
👤 Facebook: LDK IMAM UNPAM
🐦 Twitter: @ldkimamunpam
📷 IG: ldkimamunpam
.
#ldkimamunpam
#fsldkbanten
#syiardakwah
.
.
*Dakwah, Kuliah, Kerja*

Jumat, 13 Juli 2018

Cara gampang merubah ukuran Milimeter atau inches menjadi centimeter di Adobe Indisgn

7/13/2018 04:31:00 PM 0
Sip, kali ini aku mau bagiin tips nih buat kalian. Ngomong-ngomong ada yang belum tahu software ini? Yaitu Adobe Indisign. Software ini sendiri bawaan dari Adobe Master CS6. Ada beberapa versi pada Adobe sebenarnya dari yang paling kecil itu Adobe CS3 tapi sebelumnya juga Adobe menguarkan versi CS 1 & 2 (Tapi aku sendiri gak pernah pake sih hehe banter-banter CS3) terus ada juga yang paling tinggi yaitu Adobe CC 2018 Tapi kata temen buat ngebajak nih software susah soalnya makin canggih securitynya haha. Yah, apalah daya komputer cuma masih sanggup menampung CS6 hehe. Syukuri saja yang ada.

Biasanya, Indisign aku pake untuk melayout sebuah naskah buku. Kalau suka ada yang nanya 
"Kak, kok bisa rapih design bukunya pake apa sih?"
"Pake Adobe indisgn dek."
Aku juga tahu ini karena aku kerja di bagian layout buku design buku di sebuah penerbitan di jakarta. Dulu sih tau ini pas waktu interview sama user dia bilang 
"Kamu bisa software indisgn", terus aku celingukan aku bilang aja
"...Iiya bisa bu." Padahal mah Nggak ngerti hahaha 
"Nanti ada tes pake software itu lebih baiknya kamu kembangin itu ya."
"Siap bu."
terus pulang kerumah buru-buru instal adobe indisgn yang portebel baru deh belajar hahaha. kocak banget sih emang kalau dipikir. Tapi alhamdulillahnya aku diterima diperusahaan tersebut.

Oke skip, kita langsung aja praktekin ya? ini buat kalian yang udah tau dan yang belum tau dan juga yang baru mau tau hehe.
Cekidot..

Pertama kalian harus buka dulu Adobe indsign nya. jangan sampe gak dibuka. Terus kita klik File > New > Documen untuk membuat lembar kerja baru. 

Tampilan kedua akan seperti ini, bisa dilihat ukurannya masih Milimeter, Nah aku mau ngerubah jadi centimeter gitu. Ini kita klik OK aja gapapa

Tampilan ketiga seperti ini.

Nah, perhatiin di sini ya.. Klik menu Edit > Preferences > Unit &Increments

Lalu ganti Milimeter menjadi centimeter. Klik OK

Untuk merubah ukuran Bleed bisa lihat di master di pojo kanan atas ya, tuk yang diblok biru itu namanya master istilahnya tuh kaya pusat dari semua halaman buku, mau buat nomor halaman, mau buat header halaman menggunakan gambar, dll editnya harus di sini. Jadi saat begitu kita sudah di halaman buku kita tidak perlu repot-repot mencopy-paste tiap halamannya karena riskan geser gitu.




Oke, seselai deh. 
Cukup sekian dan terima kasih ^^


Tantangan itu menjadikan kita BISA loh, bukannya malah menjadikan kita TERPURUK.

7/13/2018 09:13:00 AM 0
Assalamualaykum warahmatullah wabarakatuh, 

Kalau kalian dikasih suatu tantangan sama orang apa yang ada dibenak dan pikiran kalian? pastilah kaget bukan? Jadi, sewaktu itu sedang kumpul organisasi adik kelas dan kaka kelas berkumpul disuatu rumah yang dinamakan Sekretariat. Yup, sekretariat Imam Unpam. Tempat ternyaman disaat butuh sandaran dan lain sebagainya. Saat itu aku ingat betul kaka kelas ku di kampus berkata kurang lebih begini.
"Ndah, kamu bisa bikin kaya gini kan?." katanya
"Nnng..." mikir keras
"Bisa lah anak design mah."
"...Eh, aku anak ekonomi tau hehe."
"Jiah, maksudnya bisa design gituu."
"Gak tau kak.. belum pernah buat sih, tapi insyaAllah bisa nanti aku belajar dulu ya.."
dalam hati dan pikiran ini tuh udah ngomong "Hmm, itu kayaknya pake adobe after efek deh, waduh mana gak punya tuh software dikomputer lagi."

"Emang buat siapa ka?, buat ka lussy ya hehe"
"Buat kaka aku hehe"
"Oalah."

Hingga pada saatnya tiba ka lussy ngeWA
"Ndah, coba buatin kaya gini ya" dia kasih contoh
"Oke kak, bismillah ya hehe dalam 7 hari ini aku coba buat"

Kenapa aku kasih waktu estimasi 7 hari ? karena aku belum mahir hahah. Jadi, alon-alon asal kelakon kata wong jowo. Revisi demi revisi sampai rapih. Dan alhamdulillah melalui ka Lussy Allah terus memberikan rezeki untuk ku memberikan ilmu baru untuk aku terus belajar dan belajar.

Biasakan menghadapi kehidupan itu sebagai sebuah tantangan. Jangan takut akan tantangan yang datang, siapa tahu dari tantangan itu Allah kirimkan sebuah keberkahan yang akan memberikan mu keuntungan. Yaitu Ilmu dan kesabaran.









Rabu, 11 Juli 2018

KRITERIA WANITA CANTIK MENURUT AL-QURÀN DAN AS-SUNNAH

7/11/2018 11:35:00 AM 0



Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 
                        
🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹

KRITERIA WANITA CANTIK MENURUT AL-QURÀN DAN AS-SUNNAH

Cantik Dimata manusia hanya bawa bencana,capeknya iya, buat terlena juga, menjadi bangga sementara dan berpotensi mengundang murkaNya. Namun cantik dalam penilaian Allah pasti membuat bahagia, jauh dari sengsara dan kelak tinggal abadi di surga. Seperti apa sih agar dinilai cantik olehNya???

1. Senantiasa menjaga pandangannya, dan sllu terlihat sopan dan terpuji serta menutup auratnya. (QS. an-Nuur: 24/31)
2. Tidak bergaul bebas dgn kaum laki² yang bukan mahramnya, kecantikannya dipelihara dari pandangan laki-laki, tanpa dipertontonkan. (HR. Bukhari)
3. Pembawaan diri yang sopan, tegas, dan bersahaja. (QS. al-Qashas: 28/25)
4. Senantiasa berbicara dgn perkataan yang baik, dan nada suara yang tidak dimanja²kan dan tidak dilembut²kan. (QS. al-Ahzab: 33/32)
5. Tidak berhias dan (bertingkah laku) sprt orang jahiliyah dahulu. Menjauhi gaya tabarruj, penggayaan diri yang dapat mengganggu/menjadi fitnah bagi lelaki (tidak menjadi pusat perhatian), hingga menarik kepada dirinya. (QS. al-Ahzab: 33/33)
6. Berpakaian dengan identitas wanita mukminah. (QS. al-Ahzab: 33/59)
7. Senantiasa bersih dan berbau segar. Tidak memakai parfum (selain untuk mahramnya, pen) [HR. Bukhari]
8. Tidak mengubah ciptaan Allah, seperti melakukan pembedahan plastik, membuat tato, mencukur        alis, meratakan gigi (yang dilakukan karena alasan untuk mempercantik diri, bukan dikarenakan          untuk kesehatan), dsbnya. (QS. an-Nisaá : 4/19; Hadith Bukhari, Muslim, Abu Daud, dan at-              Tirmidhi)
9. Tidak meniru penampilan kaum lelaki, baik dari cara berpakaian, berbicara, serta pembawaan diri. (HR. Ibnu Abbas)

Perempuan Selalu Lupa Dengan Tiga Perkara:

1. Tangan adalah aurat, batasannya hingga pergelangan tangan.
2. Kaki (seluruhnya) juga adalah aurat.
3. Dada adalah aurat, jd wajibnya menjulurkan jilbab mereka, hingga menutupi dadanya.

Perempuan Selalu Alpa Akan Dua Perkara:

1. Memandang remeh dgn aurat di pergelangan tangan.
2. Dan Sering tidak memakai kaus kaki.

Dan Perempuan Lalai Akan Dua Perkara:

1. Aurat mereka, adalah harga diri mereka.
2. Kecantikan bukan pada wajah, melainkan pada hati yang bersih.

Dan Perempuan seringkali lupa bahwa menutup aurat adalah PERATURAN ALLAH, dan bukan PERATURAN MANUSIA.

Dosa Jariah Yang Tidak Disadari Oleh Wanita

Saat dia sedang tidur, tetapi Malaikat tetap menulis dosanya...
Saat dia sedang shalat, tetapi Malaikat tetap menulis dosanya...
Saat dia makan, belajar, mandi, tetapi Malaikat tetap menulis dosanya...
Saat dia sedang tidak berbuat apa² pun Malaikat tetap mencatat dosanya...
Apakah kesalahan yang dia lakukan...?

Ini semua dikarenakan, banyaknya mata pria yang sedang memandang foto/gambarnya, yang sedang tidak menutup aurat atau ada auratnya yang terlihat di media sosial...
Setiap kali ada lelaki yg melihat, setiap kali itulah dosanya bertambah.

Semoga bermanfaat..

Baarakallahu fiikum

🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃

``⚡ Ikatan Mahasiswa Muslim Universitas Pamulang```⚡ .
📱Follow us
👤 Facebook: LDK IMAM UNPAM
🐦 Twitter: @ldkimamunpam
📷 IG: ldkimamunpam
.
#ldkimamunpam
#fsldkbanten
#syiardakwah
Dakwah,  Kuliah,  Kerja

AMAL YANG CANTIK

7/11/2018 11:31:00 AM 0


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh                           
🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹🌹
🌺AMAL YANG  CANTIK🌺

▪▪▪▪▪▪▪

✔Beramal bukan asal banyak
✔Tapi mesti cantik,
✔Mesti ahsan,
✔Mesti terbaik.
✔Karena Allah menilai amal itu,
✔Bukan sekadar karena jumlah
✔Tapi apakah dia amal yang berkualitas baikAtau hanya asal-asalan?

الَّذِي خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيَاةَ لِيَبْلُوَكُمْ أَيُّكُمْ أَحْسَنُ عَمَلاً وَهُوَ الْعَزِيزُ الْغَفُورُ

“Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (QS. Al-Mulk: 2)

Lihatlah, Kawan …

Dalam ayat di atas, yang dinilai adalah siapa yang lebih baik amalnya. Bukan siapa yang lebih banyak amalnya. Karena banyak, belum tentu baik. Apa gunanya banyak tapi tak baik?

Apa gunanya punya 10 handphone tapi layarnya blank, bagaimana bisa dipakai? Lebih baik punya 1 handphone tapi ciamik dan kualitas wahid. Betul, tidak?

Apa gunanya punya mobil banyak tapi mesinnya rusak semua? Lebih baik punya 1 mobil dengan mesin tangguh dan top. Betul, tidak?

Shalat sunnah dengan banyak rakaat, tapi hilang khusyuk dan tuma’ninah, sekadar mematuk-matuk seperti burung, atau bergerak secepat kilat. Tentu saja, bukan ini shalat yang baik. Shalat yang baik insya Allah akan memberi kesan dalam diri, menenteramkan hati, mencegah seseorang berbuat keji dan mungkar.

Pastinya, shalat asal-asalan bukan jenis shalat yang diterima di sisi Allah. Ada rukun dan hal-hal wajib yang harus dipenuhi.

Bila shalatnya secepat kilat, apakah kira-kira seseorang bisa membaca Al-Fatihah dengan sempurna?

 Apakah punggungnya akan lurus dengan tenang saat rukuk, sujudnya mantap sebelum bangkit lagi untuk duduk, atau tahiyatnya dibaca dengan sempurna?

Membaca Al-Quran 100 ayat dengan gaya “kumur-kumur” apakah sama dengan membaca 10 ayat dengan tilawah yang tenang, memperhatikan tajwid, dan meresapkan maknanya ke dalam hati?

Sedekah 10 juta gara-gara ingin pamer apakah sama dengan sedekah 1 juta semata ikhlas karena Allah (tidak peduli puja-puji manusia)?

Amal yang baik, amal yang cantik. Cirinya ada dua:

1. Ikhlas.
2. Benar.

Ikhlas, semata karena Allah.

Benar, mengikuti petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mengikuti setiap detail petunjuk dari beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bila suatu amal telah ditentukan rukunnya dan hal-hal wajibnya, maka itu mesti dipatuhi dengan sungguh-sungguh. Taat kepada petunjuk dari beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Perlu pula kita ketahui, termasuk penentu kualitas amal antara lain:

1. Berusaha untuk beramal tepat waktu

وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ

”Dan bersegerelah kalian menuju ampunan dari Rabb kalian ….” (QS. Ali Imran:133)

2. Bersungguh-sungguh dalam beramal

خُذُوا مَا آتَيْنَاكُمْ بِقُوَّةٍ وَاذْكُرُوا مَا فِيهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

”Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari kalian dan Kami angkatkan gunung (Thursina) di atas kalian (seraya Kami berfirman), ‘Peganglah teguh-teguh apa yang Kami berikan kepadamu dan ingatlah selalu apa yang ada di dalamnya, agar kalian bertakwa.” (QS. Al-Baqarah:63)

يَا يَحْيَى خُذِ الْكِتَابَ بِقُوَّةٍ

”Wahai Yahya, ambillah Al-Kitab (Taurat) itu dengan sungguh-sungguh.” (QS. Maryam:12)

**

Referensi: Taisir Karimir Rahman, Syaikh As-Sa’di, Al-Maktabah Asy-Syamilah

🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃
``⚡ Ikatan Mahasiswa Muslim Universitas Pamulang```⚡ .
📱Follow us
👤 Facebook: LDK IMAM UNPAM
🐦 Twitter: @ldkimamunpam
📷 IG: ldkimamunpam
.
#ldkimamunpam
#fsldkbanten
#syiardakwah
Dakwah,  Kuliah,  Kerja

Komunitas Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan