Jumat, 29 Juni 2018

Sabar dalam ujian hidup


Kita dilahirkan sebagai manusia yang penuh dengan kekurangan, namun dilengkapi dengan kelebihan. Manusia hidup di dunia tidak selamanya dan hanya sementara, dalam kehidupan manusia Allah SWT telah memberikan ujian-ujian dengan berbagai macam ujian kehidupan, seperti ujian dalam perekonomian, keuangan, pekerjaan, dan lain sebagainya. Namun dibalik ujian itu tersimpan suatu hikmah yang indah yang dapat kita ambil, dan ujian dijadikan sebagai pembelajaran untuk setiap manusia, apakah manusia itu tergolong manusia yang penyabar atau tidak.
   
Ketika manusia banyak keluhan ini itu kepada Allah SWT, manusia terkadang hanya bisa meminta tanpa diiringi dengan usaha atau ikhtiarnya, dia hanya minta yang instan-instan saja, Allah pun akan melihat usahanya terlebih dahulu dan tidak langsung mengabulkan permintaannya karena Allah akan melihat proses dan usahanya bukan hasilnya nanti. Dalam ujian di kehidupan manusia tanpa manusia sadari banyak keluhan-keluhan yang disampaikan, tetapi ingat Allah tidak akan memberikan ujian kepada manusia melebihi batas kemampuannya.
Manusia yang bersabar dia akan senang dengan ujian kehidupan, karena dia tau bahwa sayangnya Allah kepada manusia itu dari ujian yang diberikan. Ketika manusia diberikan ujian yang berlevel semakin hari ujian hidup selalu datang dan berat dalam menjalaninya, bersyukurlah karena itu bentuk rasa sayang Allah, dan ketika manusia tidak diberikan cobaan dan hidupnya tenang-tenang saja, itu patut dipertanyakan apakah Allah sayang ataupun sebaliknya. Bersyukur dan semangatlah ketika ujian bertubi-tubi datang, dan bersedihlah ketika kita hidup tanpa ujian. 
Manusia hidup seperti orang yang sedang berlomba-lomba mendapatkan hadiah yaitu pahala dari Allah SWT, berlomba-lomba lah dalam kebaikan (fastabikhul khairot).


Karya Risma.H.

  Hasil gambar untuk sabar dalam ujian hidup


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komunitas Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan