Senin, 31 Juli 2017

Bagaimana peran mahasiswa dalam menjalankan bisnis juga berkuliah?

Bagaimana peran mahasiswa dalam menjalankan bisnis juga berkuliah? Mari kita simak perbincangan para peserta lomba Proposal Bisnis oleh Pusat Inkubasi Bisnis Kewirausahaan pada Seminar dan Talkshow Kewirausahaan (PINBIK)
Universitas Pamulang





Fakultas Ekonomi, Prodi Manajemen dan Prodi Akuntasi kembali menggelar acara seminar rutin yang bertempatkan di Auditorium Universitas Pamulang Pada tanggal 21 Juli 2017. Seminar kali ini juga diisi oleh Narasumber langsung yaitu Bapak Ketua MPR-RI. Bpk Dr. (H. C) Zulkifli Hasan, S.E., M. M.

Beliau banyak menjelaskan tentang apa fungsi dan peran pancasila sebagai ideologi negara Indonesia. Pancasila sebagai ideolagi sangat dibutuhkan karena ideologi tersebut merupakan suatu pandangan, nilai, cita-cita dan juga keyakinan yang ingin diwujudkan dalam kehidupan yang nyata. Namun, banyak masyarakat yang hanya mengetahui apa itu Pancasila tanpa paham arti dan makna yang terkandung di dalamnya.
 
Bapak Zulkifli Hasan ( Ketua MPRI-Ri)




Selain mendapatkan penjelasan dari Bapak Zulkifli sendiri, Seminar kewirausahaan kali ini di hadiri oleh empat narasumber sekaligus owner yaitu, Lutfi Adiansyah,B. HSc, M. Asmui Kaammuri, S.E., Faizal Hermiansyah, S. Kom. Lalu yang terakhir Drs. H. Benyamin Davnie. Keempat narasumber tesebut menceritakan awal mula terbentuknya bisnis mereka dari mulai bisnis kecil-kecil, jatuh bangun hingga memiliki cabang di mana-mana saat ini. Mereka betiga memberikan beberapa tips kepada peserta seminar dan berharap sebagian para peserta seminar bisa mengikuti jejak mereka.

Para Peserta begitu tertarik dengan apa yang telah banyak disampaikan oleh para narasumber. Termasuk mahasiswa mereka begitu antusias bertanya kepada keempat narasumber tersebut.

”Maka memulailah dari apa yang kamu punya saat ini, Tingkatkan ilmu spiritual, usaha, lalu modal” – M Amui Kaammuri

”Menjadi seorang wirausaha itu tidak harus melulu memikirkan modal besar. Modal memang penting tetapi disaat kita terus berusaha memperbaiki dan meningkatkan manajemen waktu kita dalam berbisnis maka itu semua akan terus berjalan.”- Faizal Hermainsyah





Setelah para narasumber memberikan segala pengalaman, tips dan juga motivasi sekaligus kepada para peserta seminar akhirnya saat-saat yang ditunggupun datang yaitu, pengumuman pemenang lomba proposal kewirausahaan.

Kali ini Kami mencoba untuk memawancarai salah satu peserta lomba proposal kewirausahaan.

Tim: Ka Verika, Apa sih alasan kaka sendiri untuk mengikuti lomba ini?

Verika: Alasan saya itu agar lebih mengetahui lebih tentang berbisnis dan berwirausaha serta mencari banyak pengalaman dalam mengikuti lomba ini.

Tim: Lalu, Apa yang memotivasi kaka untuk bisa mengikuti lomba proposal ini?

Verika: Karena saya ingin merealisasikan ide usaha yang sudah ada. Dengan mengikuti kegiatan ini, pengajuan ide kita bisa terlaksana dengan bantuan modal yang diberikan dari pihak kampus dan juga pihak PINBIK.


Tim: Adakah kesulitan dalam menyusun proposal lomba ini?

Verika: Tentu ada, karena saya kan menyusun proposal ini harus membagi waktu antara kuliah dan pekerjaan saya, jadi saya sangat berharap untuk menang dilomba ini. Tapi, kalau gak menang ya mungkin belum rezeki. Doakan ya!

Tim: Siap, good luck ya ka!


Tak hanya itu, selain mewawancarai peserta lomba kami pun memawancarai Bapak Sunanto sebagai Ketua pelaksana. Bapak Sunanto pun tak sungkan untuk memberikan sedikit penjelasannya kepada TIM.

Tim: Selamat sore pak Sunanto, sebelumnya apasih tujuan dibuatnya lomba proposal kewirausahaan ini bagi para mahasiswa dan siswi sendiri?

Pak Sunanto: Ya, jadi lomba bisnis di lingkungan Unpam ini memang sengaja di create untuk memberuikan rangsangan kepada seluruh aktivitas akademika mahasiswa supaya menjadi wirausaan muda dan sebagian besar banyak mahasiswa yang sudah bekerja membangun usaha tersebut dan sebagian besar ada yang baru merintis, setidaknya mereka sudah berusaha. Jadi inilah kira-kira untuk meng-create cikal bakal atau memberikan fasilitas, dorongan, coaching, mentoring untuk benar-benar bisa menjadi wirausahaan muda kepada para mahasiswa/i.

Tim: Adakah target khusus bagi para mahasiswa/I untuk mengikuti kegitan ini?

Pak Sunanto: Tentu, targetnya ada. Kira-kira nanti dari sekian banyak jumlah proposal yang kita terima kemudian kita analisis kemudian kita mentoring. Lalu, kita lakukam presentasi. Sehingga demikian kita punya paling tidak mana gambaran dan mana proposal bisnis yang betul-betul fisibel dan layak. Sehingga, kita bisa inkubasi. Setelah kita inkubasi baru benar-benar kita mentoring, kita coaching sampai menjadi wirausahaan dan berjalan lancar.



Tim: Oke baik pak, pertanyaan terakhir. Adakah kendala dalam melaksanan keberlangsungannya acara ini?

Pak Sunanto: Kendala tentu ada. Tapi, secara umum kegiatan ini sangat lancar berkat dukungan berbagai pihak khususnya pihak internal kampus dari pihak Rektorat, dari pihak Prodi, bekerjasama dengan baik dan juga adanya kerjasama dengan pihak-pihak luar dari narasumber dan lain-lain. Kita bisa mendapatkan itu semua dengan biaya yang lebih efisien.


Ini adalah foto para mahasiswa dan siswi Univesitas Pamulang katagori pemenang lomba proposal kewirausahaan muda.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komunitas Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan