Minggu, 19 Februari 2017

Bertemu langsung dengan teman di dunia maya? Kenapa Enggak?

Hi Gengs!

Menurut kalian soal "Ketemuan sama teman di sosial media itu, salah atau benar?"

Kalau gue pribadi sebenernya sih FINE aja ya.. tapi gini... dilihat dulu nih asal usul nya, biasanya di Facebook itu kan tertera Asal dan usulnya kan? Nah, kita bisa lihat tuh dari mana asalnya, umur berapa dan sekolah di mana?.

    "Kalau dia pake foto profil orang lain gimana? misalkan, pake foto artis atau foto TNI padahal itu bukan dia?"
    "Kan banyak tuh yang kejadian ketipu gara-gara ngakunya tuh orang Pilot, atau Polisi, atau apalah kan banyak tuh, terus gimana?"
    "Iya.. sampe ada yang rela-relain transfer uang buat tuh temennya di sosmed, gimana?"

Okai-okai semua pertanyaan itu gue akan jawab.. 

Jika ada yang seseorang teman di dunia maya meminta berteman dengan kita di Facebook otomatis bakal ada pemberitahuan masuk di Friendlist Request kita. Dan disitu kita berhak untuk mengabaikan ataupun mengkonfirmasi pertemanan itu. Gue pribadi mengkonfirmasi seseorang juga milih-milih, meminta pertemanan pun sama. Jadi kalau ada seseorang yang meminta pertemanan ke kita dengan nama."Aqila Celallue Chayank Kamueh", njiir ini aja gue udah bacanya enek gimana kalau gue konfirmasi pertemanan dan otomatis dia jadi temen gue dong di FB? Namanya aja udah begitu.. gimana setatus yang diitulisnya di FB nanti? OH God mendingan gue abaikan tapi gak gue konfirmasi dan gue tolak juga sih. Lumayan menuh-menuhin Friend Request hahahaha

Kemudian lihat Friend Matualmya, kalau itu orang berteman dengan teman yang kita kenal berarti ya dia gak jauh-jauh pasti setiap ada temen baru di Facebook dilihat juga pasti friendlistnya. Ciri-cirinya ya sama aja kaya ngambil temen di FB temen juga hehe. Jadi setiap temen di FB kita hampir sama kaya temen di FB nya. Di sini terserah sih mau di konfirmasi atau nggak hehe..

Lalu.. kalau dia pake foto profil orang lain gimana? sebenarnya gue juga rada males meng-konfirmasi FB seseorang yang menggunakan foto profil GAK JE (Gak Jelas) dan disatu sisi sih sebenarnya gue penasaran. Gue bakal coba meng-konfirmasi sekiranya dia masih normal dengan Nama FB yang normal kecuali dengan nama "Cahaya Senja Suci, atau Literasi Senja Pagi" dughh kok gue berasa kayak hmmm berteman sama akun FP gitu haha.. yaudahlah, lanjutkan.. dan selama tidak mengganggu dengan status-status yang tidak nyeleneh dan postingan yang masih normal it's ok. 

Kalau masalah ketipu gara-gara akun fake dari seseorang. Ya berarti itu STUPID namanya. Gimana engga coba? Loh kok gampang aja percaya sama akun-akun yang entah itu mereka seperti apa aslinya. Ada kan tuh kasus yang dijanjiin katanya dia itu Polisi tapi pas minta uang di transferin. Lah coba itu? Kenapa bisa begitu? 

Saran gue.. jangan pernah langsung percaya apa kata orang-orang yang ada di dunia maya. Ingat kejadian itu bukan semata-mata ada kesempatan tapi juga ada niat pastinya. Modus kayak gini biasanya yang dijadikan korban adalah, para wanita yang tidak tahu alias masih polos, dan juga anak-anak di bawah umur seperti di bawah 17 tahun.

Seandainya ada pesan masuk dari seseorang yang tidak kita kenal, jangan langsung bernegativ thingking, boleh kita membalas tapi seperlunya. Biasanya ini di pake sama cowo-cowo yang gak jelas dan asal kenalan aja. Misalkan "Hai, Leh kenalan gak?, Nax mana?,  Lagi apa? Dengan siapa? sekarang berbuat apa?!" Lahh malah nyanyi haha... ini nih biasanya awal modus-modus dan pasti kalau diterusin chatnya gajelas dan bakal panjang ujung-ujungnya minta ketemuan, terus nanti dibawa pulang. Amit-amiit ya ALLAH. 

Beda kalau sama yang Real Account. Postingannya selalu benar dan bijak, tidak sembarangan share karena dia tahu banyak berteman dengan orang-orang yang notabene orang-orang pintar. Atau orang-orang yang berbakat ya contohnya aja bakatanya misalkan Gambar pasti dia lebih banyak berteman dengan teman yang hobinya menggambar, atau hobi menulis nah sama otomatis dia akan lebih banyak memilih teman-teman literasi untuk bisa diajak berdiskusi. Nah kalau sudah mempunyai teman dengan hobi yang sama kita berkirim pesan pun tidak canggung karena ada pembahasan yang kita kirimkan didalam pesan tersebut. Entah berbagi tips menggambar entah berbagi tips menulis. Atau apapun itu. 

Jika sudah sering mengirim pesan dan merasa cocok, dari salah satu kalian mengajak ketemuan untuk sekedar berbincang dan mengerjakan hobi berbarengan. Yang sering gue lihat adalah komunitas gambar itu emang gak pernah mati. Mereka selalu aja ngebuat gebrakan entah bukan gebrakan maksud gue. Tapi lebih membuat inovasi untuk kekreativitasan mereka selain kreativ mereka juga bertemu teman-teman baru. Dan dari situ mereka memili ide-ide yang sangat brilliant. Mungkin aja, ngebuat komunitas menggambar didaerahnya seperti DoodleArtRegionalJkt, kalau yang suka musik juga bisa ada itu komunitas musik indie. Mereka lebih banyak meet up di Cafe" yang mungkin hits di daerahnya hehe. Ada juga komunitas Menulis. Kalian bisa gabung di berbagai Fanspage atau Group di FB dan udah banyak loh yang menjadikannya status di Facebook sebagai tulisannya. Seperti Cerpen dll. hehe 

So, Pintar-pintarlah memilih teman di dunia maya terutama di Facebook. Pikir ulang jika kamu diajak ketemuan oleh seseorang yang belum kamu kenali. Jangan baru 1 bulan kenal di FB udah berani untuk menemui, bisa-bisa pulang nanti kamu dihamili #Eh astagfirullah Amit-amait ya ALLAH. Jangan mau diiming-imingi oleh janji yang tidak pasti, apalagi saat kita tahu orang yang kita chat sehari-hari itu ternyata mantan Napi? Ih kan ngeri hahaha

Kenali ia dengan pasti kalau ia bertindak keterlaluan matikan saja dengan sistem blokir. hehe. Jika merasa sudah cukup lama mengenali dan dia orangnya pasti, coba ajak sobat mu nanti untuk ikut pergi menemui. Kita tetaplah wanita yang tidak boleh pergi sendiri, harus ada yang menemani walau kenyataannya kita berani. Tapi untuk menjaga dan mengantisipasi. Hal-hal yang tidak diinginkan nanti.



Nah, itulah sedikit Tips dari gue. So? ketemu teman di FB itu gak masalah kok contohnya gue yang udah ketemu temen gue di Facebook ini HAHA

Mau tau gak gimana ceritanya?

Gak mau ya?

Yaudah kalau gak mau.. gue tetep mau nulis cerita ini sih hehehe

Anyway honey bunny busway haha

Jadi begini ceritanya..

Gue diberitahu sama doi kalau doi bakal diundang dan Talkshow di kampus UI diacara COMA Event. COMA Event sendiri ini lebih gimana ya? Sebelumnya gue emang gak tau nih Event apaan, setelah gue searching-searching akhirnya tahu juga

Nih evenynya.. dan gue bertekad untuk pergi haha.. tapi belum tahu sama siapa kalaupun emang gak ada yang mau nemenin ya nekat sendiri. Tapi gak jadi sendiri karena si astrid setia menemani uuuh baiknya..




Sedikit cerita gue tentang doi.
Sebenernya bukan maksud gue kegatelan atau keganjenan sih ya.. tapi gue cuman penasaran aja sama Doi. Gue sama Doi udah lama temenan di FB mungkin udah ada 5 Tahunan dari semenjak SMK. Yap gue SMK dan Doi SMA. Waktu itu posisi kita beda 1 tahun dan emang sampe sekarang juga beda 1 tahun sih hehe.. Waktu itu kenal ditahun 2012 Gue kelas 2 SMK dan Doi kelas 3. Berawal dari grup gambar sih ya hehe.. dan sharing soal menggambar. Tapi gue gak bisa-bisa. Doi ngasih tau gue pensil apa aja yang dipake buat gambar dan itu banyak. Gue males :D haha..

2012 berlalu dan memasuki tahun 2013 gue dan Doi makin akrab sih ya... kita sering berkirim pesan dan sampai akhirnya bertukar nomer telfon CIEEEEE UHUUUK hahaa.. dari mulai Chat pake gmail, chat pake kartu cdma yaitu flexi, dan berkirim pesan menggunakan hape jadul, berkirim pesan di FB menggunakan 0 facebook. jaman itu belum pake tuh yang namanya BBM, WA, LINE karena HP jadul jadi cukup SMS-an aja haha.. selalu pakek axis yang murah dan kartu 3 yang kirim pesan murah. Hahaha. Banyak hal yang kita bahas mulai dari perkuliahan, PTN, dan berhubung waktu itu Doi mengira gue kelas 3 juga, Doi ngajak daftar kuliah bareng. hahah lucu sih, dan Doi suka nanya-nanya soal PKL anak SMK dan ya banyak lagi deh kita bahas. Yang masalah dia pengen masuk SMK tapi gak jadi. Karena gak dibolehin bokapnya.

2013 itu waktunya doi UN dan menentukan kelulusan, memilih kampus incaran dan bersaing dengan ribuan calon mahasiswa/i di seluruh indonesia. Kalo dinget-inget udah banyak banget yang kita bahas sih ya... dan akhirnya IPB lah tempat Doi berkuliah.

2013 berlalu dan memasuki tahun 2014 di mana gue ditahun ini lulus. Ingat betul saat Doi selalu ngasih semangat dan doain biar nilai UN nya hasilnya bagus. Tapi kenyataannya nilai gue pas-pasan ALWAYS UHH .>,< Gue tau banyak soal PTN ya dari Doi jujur dikeluarga gue itu gak ada yang ngerti tentang PTN intinya minim informasi dan karena bukan dari keluarga berkependidikan jadi seakan keluarga ya hidup yaudah gini aja.. apa adanya aja gitu.. Sebenarnya kalau dilihat di berita banyak banget anak yang gak mampu tapi bisa berhasil dengan dukungan orangtuanya. Kadang gue iri sama orang-orang yang pinter dan dapet dukungan dari orangtuanya. Biar mereka gak mampu tapi selalu mengusahakan untuk pendidikan anaknya. Kalo bokap gue mah.. sebenernya bokap gue bisa aja tapi dia udah pesimis duluan dan yaudah gimana sih gue sebagai anak juga pasti udah down duluanlah ya.. Ngapain gue ngebet kuliah di Negri kalau gue tau kuliah di Negri mahal, dan bokap gak merestui ya ngapain? Gue ngambil SMK itu sengaja emang biar bisa langsung kerjaa dan kalau bisa ya sambil kuliah. Hmmm gue tetep penasran sama Negri tapinya. Gue mencoba ikut SNMPTN tapi gak lolos HAHAH... Doi nyuruh gue ikut SBMPTN tapi gue gak ikut. Karena alesan keluarga itu lah...

Ya.. Doi sih selalu mensupport Apapun yang menjadi keputusan gue.

2014 kita masih suka lah kontekan tapi memasuki tahun 2015 kita udah jarang karena emang kesibukan, gue tau Doi sibuk banget akan tugasnya di kampus dan mungkin ke organisasi yang Doi ikuti, dan gue juga sibuk kerja haha.. alhamdulillah ditahun 2015 gue bisa mewujudkan keinginan untuk Kerja sembari kuliah. Terimakasih Ya Allah...

ditahun 2016 kita masih kontekan sih tapi yaudah jarang juga haha.. paling setahun cuma berapa kali..
Tapi di tahun 2016 ini ditahun dan di mana umur gue 20 tahun Doi ngasih gambar Doodle buatannya sih. Sebenernya ini Gift barter gituh haha.. di tahun 2015 gue juga ngirimin Doi gambar lah di Ultah-nya yang ke 20. Karena ultah kita cuma beda 5 bulan yaudah Doi kirim gambar itu tepat di hari gue ultah.

So.. Ini gue, doi dan sahabat gue astrid
Btw sobat gue  fans berat Doi hahaha




Okai.. See u again..
Thanks for reading..
And sorry if many typo... hehe

Jakarta. 11 Feb 2017
Pusat Study Jepang 
Universitas Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komunitas Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan