Kamis, 28 Desember 2017

Usage of: SOME/ANY

12/28/2017 11:10:00 PM 0
We use 'some' and 'any' like this :

(Kita menggunakan 'some' and 'any' seperti ini:
a.For a question, we use 'any'
(Untuk sebuah pertanyaan, kita menggunakan 'any')
b.For a positive answer, we use 'some'
(Untuk sebuah jawaban positif, kita menggunakan 'some')
c.For a negative answer, we use 'any'
(Untuk sebuah jawaban negatif, kita menggunakan 'any')


Are there any students in the classroom ?
(Apakah ada murid di dalam ruang kelas ?)
-Yes, there are some students in the classroom.
(Ya, ada beberapa murid di dalam kelas.)
-No, there aren't any students in the classroom.
(Tidak, tidak ada murid di dalam kelas.)



Rabu, 27 Desember 2017

Tak perlu menceritakan siapa dirimu

12/27/2017 10:01:00 PM 0
Pertama-tama gue mau bilang
Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh


Oke, teman-teman dalam kehidupan ini sebenarnya kita memiliki jalan kebahagiaan dan kesuksesaan masing-masing. TAKDIR! itulah yang telah Allah berikan disetiap hamba-hambanya yang mampu bersabar, bertawaqal, dan juga selalu bersyukur. BISA GAK SIH TAKDIR DIRUBAH? BISA!

"Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah yang ada pada dirinya mereka sendiri."  (Qs. Ar-rad 13:11) 

Tuh, kan?  Jadi, Allah gak akan merubah nasib kita kalau kita gak berusaha. Loh kan judul blognya "Tak perlu menceritakan siapa dirimu" JELAS ada sangkut pautnya dong. Coba gini, saat kalian sudah  menjadi orang kaya raya nantinya, sukses, dipandang di masyarakat, dll. Nah, biarkan itu semua orang lain yang melihat kita tidak perlu lah memperjelas "Woi, gue ini juragan!" "Woi, gue ini berpangkat jendral" "Woi, gue pendidikan S2 di luar negeri woi" Aamiin. Tapi gak perlu gengs, gak perlu lu perjelas semua itu. Biar aja orang-orang yang menilai, lagian juga yang cinta sama lu tuh gak butuh itu semua, dan yang membenci pun tak akan percaya. Sebagian orang hanya ingin KEPO pada hidup kita. Saat kita terjatuh gak semua teman yang saat itu senang-senang bersama kita bisa 100% membantu kita PERCAYALAH!!! PERCAYALAH!!!

Akan terlihat mana teman yang benar-benar tidak pergi dan pergi begitu saja tanpa permisi. Jadi sikap kita harus bagaimana? Tetap rendah hati saat godaan dunia datang, tak perlu menyombongkan, jawab sesederhana mungkin agar tidak ada sikap angkuh di dalam diri.

Ketika temen-temen atau sahabat gue tau mulai hijrah misalkan, pake pakaian panjang tapi mereka tetep anggep gue endah yang dulu aja gitu. Ya, meski sikap gue juga gak senyablak dlu misalkan.
Intinya, disaat senang dan susah mereka akan selalu ada, mensupport dan mendoakan.

sekian.

Kamis, 14 Desember 2017

(JANGAN) MENGAJI

12/14/2017 11:48:00 PM 0
 (JANGAN) MENGAJI





Note: Harap pembaca berpikir terbuka akan cerita ini. Karena mohon maaf tidak bermaksud untuk menyindir pihak mana pun.

“Neng, gak usah pakai jilbab panjang dan mengaji terlalu banyak! Apa lagi pakai pakaian panjang hitam. Nanti kamu bisa menjadi seperti orang-orang yang di televisi” ujar ibuku dengan nada cukup serius, tatkala kami sedang menonton berita di salah satu stasiun televisi sore hari itu. Aku berpura-pura memperhatikan televisi dengan serius dan mengiyakan nasihat ibuku, seraya mengangguk-anggukan kepala.
“Neng! Dengerin gak ibu ngomong?” tegur ibu.
“Iya, Bu..” jawabku malas.
“Pokoknya kamu tidak boleh banyak ikut-ikutan acara rohis atau lembaga-lembaga apalah itu di  kampus! Banyak aliran sesat di sana, neng” omel ibu.
“Setiap malam minggu kita hanya membaca Al-Quran bersama dan membahas sejarah Nabi saw, serta ­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­-­-- belum selesai aku menjelaskan ibu sudah menukas, “Sudah ibu bilang kan! Jangan terlalu banyak mengaji dan ikut-ikut kegiatan keagamaan seperti itu, awas nanti kalau kamu sampai ikut-ikutan aliran sesat seperti ISIS.”
Entah mengapa rasanya bosan ketika berulang kali dinasehati seperti ini. Ini sudah keberapa kalinya semenjak aku bergabung dengan majelis dan lembaga dakwah kampus. Ibu selalu memberikan statmen dan pandangan buruk terhadap kegiatan yang sedang ku ikuti.  Berbagai alasan seperti Aliran sesat, seperti teroris lah, awa-awal memang baik memberi beasiswa tapi nanti otak kita dicuci dan menjadi pengikut mereka lah.”
Tak hanya Ibu bahkan bapak pun menaruh curiga terhadap ku dan terhadap kegiatan yang sedang aku ikuti. Sesekali ia bertanya tak seperti ibu, bapak bertanya lebih kepada logika dan mengandalkan kepercayaanku.
“Kamu ini sebenarnya ikut kegiatan apa sih? Suka pulang malam” tanya bapak berjalan mendekatiku.
“Aku ikut kajian kampus pak, setiap habis pulang kuliah aku menyempatkan untuk duduk di masjid kampus dan itu biasanya selesai jam 7-an. Makanya sampai rumah hingga larut malam.”
“Bener?, bapak Cuma pesen aja sama kamu.. sekrang kamu udah bisa mikir mana yang bagus kamu ambil mana yang ngga. Kalau seandainya ada keganjalan dikegiatan yang kamu ikuti. Kamu harus keluar!”
“Iya, pak.. aku juga tahu.. tapi apa bapak sama ibu gak senang lihat perubahan yang sudah aku alami ini?, Bapak dan Ibu bisa lihat aku kan sudah tak pernah memakai pakaian pendek seperti sebelumnya? Bapak dan Ibu tau kan? Ini semua demi kalian, aku Cuma gak mau Pak, ketika aku keluar rumah lalu aku meninggal tanpa sehelai pun hijab tanpa bekal agama dan ilmu agama yang tak aku punya lalu aku diakhirat tersiksa karena dosa. Lalu aku sadar kehidupan dunia ini tak akan selamanya pak, bu. Aku hanya ingin menuntut ilmu agama apa tidak boleh?”
“Kalau kamu mau menuntut ilmu agama dari dulu sudah bapak masukan kamu ke pesantren.. Bapak sebenarnya senang lihat perubahan kamu. Namun, bapak pun khwatair nak. Khawatir seorang bapak terhadap putri semata wayangnya. Bapak sebenarnya tak melarang kamu untuk mengikuti kegiatan tersebut, bapak hanya khawatir kamu ikut ajaran sesat.” Jawab Bapak ketus.
“Lalu, kenapa tak dari dulu saja pak?! Menurutuku menuntut ilmu agama itu dari usia berapapun asal ia menyadari akan pentingnya Agama, Pak.. doakan aku semoga hal seperti itu tak akan terjadi. Bapak dan Ibu tak usah terlalu menghawatirkan perubahaan ku dan sungguh mereka semua itu teman yang baik Pak,Bu percayalah...”
Dengan penuh harap dan berdoa dalam hati semoga mereka berdua mengerti dan mengetahui bahwa ini semua demi kebaikan mereka. Setelah beberapa menit berpikir Bapak pun mengangguk pelan namun, sorot matanya tetap terlihat khwatair memperhatikanku. Lalu Ibu hanya berlalu pergi ke kamar dan memilih tak ingin mengambil pusing. Tapi ku yakin seiring berjalannya waktu Ibu pun akan mengerti dan memahami dari semua perubahan ku ini.
Ada rasa senang dan bahagia sudah mendapatkan kepercayaan dari Bapak, hanya saja Ibu masih bersikap kaku padaku, Ia tampak tak berantusias ketika aku pamit untuk kuliah beliau selalu menitip pesan untuk tidak pulang malam yang secara tidak langsung mengatakan bahwa “Pulang kuliah pulang, gausah ikut kajian-kajian di kampus!”. Aku sudah tau maksudnya. Terlebih saat itu aku bingung pada diriku sendiri apa aku harus berkata “Iya. Atau ...?”

Waktu pun menujukkan pukul 05.00 wib.
“Jiah, tepat sekali ini mata kuliah berakhir jam 5.” gumamku dalam hati sambil memperhatikan jam tanganku. Aku berjalan keluar kelas lalu, ku perhatikan jalanan sesak ramai akan mereka yang ingin pulang dan sampai rumah lebih dulu “kajian atau pulang ya?, kajian aja deh sekalian magrib di kampus, lagi pula jalanan macet banget huh.” Gumamku lagi dalam hati.
“Maafkan aku bu, Aku pulang telat lagi.” duduk dan mendengarkan seorang ustad berbica memberikan materi sungguh membuatku terhanyut serta membayangkan sebanyak ini kan dosa-dosa ku. Sungguh tak akan bisa ku duduk dan mengikuti kajian ini tanpa ridho dan rahmat dari Allah swt. Entah sejak kapan aku memulai namun seakan kaki menuntun ku untuk selalu menyempatkan waktu untuk singgah di sini.
Setelah kajian, kami melalukan Salat Magrib berjamaah lalu, pembacaan tadarus sebentar mengkaji ilmu fikih wanita dan lain sebagainya. Tak lama jam menujukan waktu pulang. Kami bersalaman juga berpelukan saling mendoakan keselamatan agar sampai tujuan. Ya, tujuan kerumah tentunya.
“Fii. Amanillah ya Ukhti..”
“Iya ukh, antum juga..”
Begitulah, kata-kata doa dan perpisahan terakhir kami malam ini. Dengan penuh harap Allah meridhoi setiap langkah yang ku tuju bukan hanya untuk duniawi tapi aku berharap untuk di akherat ku nanti. Setidaknya saat kalian tak menemukan ku di surga aku berharap dapat ditolong oleh kalian teman-teman salehahku.
Aku bergegas menuju parkiran bersiap untuk pulang, ku lihat mereka semua pun telah pergi. Kesunyian ini semakin terasasa saat satu-satu meninggalkan kampus, saat berkumpul seperti kajian tadi aku merasakan kehangatan dan merasa beruntung berada ditengah-tengah wanita yang baik. Di sana aku mendapat sekali pengalaman, banyak cerita hijrah dan hanya Allah yang maha mengetahui apa-apa yang telah kami perbuat.
Di perjalanan, aku merasakan kantuk yang teramat berat. Sebelumnya aku sudah memikirkan jarak tempuh dan resiko apa yang akan terjadi kalau aku pulang terlalu larut malam. Seperti saat ini  tak biasanya aku mengantuk, ku coba untuk menstabilkan kondisi mata, ku tepikan motor dan mengucek mata ku yang tidak gatal. Tak lama ku lanjutkan perjalanan karena jarak kampus dan rumah ku tidak bisa dibilang dekat. “Aku harus kuat!” gumamku dalam hati. “tapi, ini ngantuk banget ya Allah. Astagfirullah..” sedikit oleng motor ku karena kantuk.
Lalu tiba-tiba.
DUAAARRR!!! aku jatuh, beserta motor yang remuk, gelap-gelap yang ku rasa lalu ku coba berkata “Toooloong” dan semua menjadi gelap. Aku tak sadarkan diri.
TIINNNN.. TIIINNN bunyi kelakson ramai ditengah jalan terpenuhi oleh orang-orang yang melihat ku terbaring penuh darah saat ini.
“Woi, tolongin woi!” salah satu warga
“Eh, siapa tuh siapa?”
“Eh, dia mahasiswi di kampus Undarsa ternyata”
“Universitas Darma Sakti pak?”
“Iya, bu.. duh kasian. Yuk kita bawa ke rumah sakit.”
“Astagfirullah, ada apa ya itu? Liat ah..” Desi yang saat itu baru pulang kajian pun sedang menaiki motor melihat ada sebuah keramaian di tengah jalan. Desi pun memilih untuk melihat awalnya hanya ingin tahu ada apa. Tapi setelah ia melihat jaket korban ia merasa mengenalinya.
“Ada apa ya bu?” tanya desi kepada seorang ibu-ibu di jalan.
“Ini kecelakaan neng. Kasian deh, dia kayaknya anak dari kampus Undarsa.”
“Undarsa? Jangan-jangan itu Fatimah? Astagfirullah.. iya itu jaketnya.” Desi pun berlari mendekati fatimah yang terbaring penuh darah.
“Fatimaaahhhhhh... astagfirullah.. Bapak, tolong bawa temen saya segera kerumah sakit ya. Saya akan coba hubungi pihak keluarganya.”
“Neng, temennya?” tanya bapak itu meyakinkan
“Iya pak saya teman dekatnya.”
“Yaudah, yuk neng kita bawa kerumah sakit”
“Iya, pak hati-hati.”

Tak lupa Desi mencoba menghubungi pihak keluarga Fatimah, yang sebentar lagi menuju rumah sakit. Desi pun memberi kabar kepada teman-teman kajian di kampus kalau Fatimah baru saja mengalami kecelakaan dan sekarang sekarat di rumah sakit. Dilihatnya, dari dalam dokter pun keluar dan menjelaskan keadaan yang sebenarnya kepada kedua orang tua fatimah.
“Dimana anak saya dok?” tanya ibu kepada dokter
“Begini bu.. Benturan yang terjadi dikepala anak ibu sangat keras lalu, ia juga banyak kekurangan darah dan saat ini kondisinya sedang kritis.”
“Sebenarnya apa yang terjadi?” tanya bapak kepada desi
“Menurut pengakuan warga Fatimah ngantuk saat mengendarai motor pak. Itu pun saya lewat dan mengetahui kalau yang menjadi korban kecelakaan itu Fatimah.”
“Astagfirullah fatimah..” ibu lemas mendengar penjelasan desi dan memilih untuk duduk menunggu hasil selanjutnya.
“Dok, dok.. pasien sepertinya kritis” Kata suster memberi tahu dokter
“Ya, Allah.. ayo suster..” dokter pun bergegas memastikan
“Kenapa dok? Dok? Kenapa dengan anak saya?”
“Tunggu sebentar ya bu..” larang suster untuk masuk kamar
Tak ada 5 menit suster kembali membuka pintu dan menyuruh kedua orang tua Fatimah untuk masuk ruangan. Didalam ruangan terlihat setengah sadar Fatimah yang terbata-bata mengakatakan “Bu..u..u m..ma.. aaf..in.. A..ku ya.., yang t..idda..aak mm..ee..nnu.rr..u..ti.. ka..t.a.. ibu untuk t..i.dd..aa..k.. p..u.ll.aa..ng.. mmaa...llaa.am... I..kkhhllas... kan kee..per..giii.aanku yaa.. Bu.. dan Ba..aapaak..”
“Tidak, nak.. kamu gak perlu minta maaf. Ibu yang salah seharusnya Ibu memberikan kepercayaan pada mu., Kamu pasti sembuh!!!” kata Ibu meyakinkan
“Asyhadu Al Lailaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah”
“Innalillahi wa inaililalahi rajiun..”



-----------------------------------------------------TAMAT-------------------------------------------------






WI-SUDAh

12/14/2017 11:30:00 PM 0
Conggraduation Kak Ratna, Barakallah atas kelulusannya menjadi Sarjana dengan gelar yaitu Ratna Widaningsih S.S.

Sebenarnya, lupa kalau hari ini wisudanya kak Ratna, kalo gak diingetin juga gak inget, dengan gece aku buat hadiah. Ya, meski gak besar karena dadakan juga huhu untung ada stock bingkai terus berhubung kangen doodle yaudah buatlah hadiah ini heheh. Jadi kak ratna itu adalah kaka kelas dan teman di LDK Imam Unpam. Kenal beliau saat di Swiss dan beliau menjadi mentor bukan mentor sih tapi kaka pengawas atau kaka pembina gugus lah klo di osis mah haha. Ada dua yang satu kak kodijah namanya, dan  yang satu ya ka Ratna. Waktu kak kodijah wisuda aku gak dateng karena kerja. Padahal pengen banget dateng. Alhamdulillah di wisuda ka Ratna bisa dateng senengnyaaaaaaaaaaa.... 



The gift




Sama-sama dengan karyanya hehehe, Ini aku, kak Ratna dan Ophy. Semoga suka ya kak. Maaf kadonya apa adanya hehe





Ngopo ki, guya guyu, dapet bunga dari sopo toh nduk? haha





^,^v

Selasa, 21 November 2017

Ask English 2

11/21/2017 07:09:00 PM 0
#. If you had only 24 hours to live, what would you do?
#. If a classmate asked you for the answer to a question during an exam while the teacher was not looking, what would you do?
#. If someone's underwear was showing, would you tell them?
#. If the whole world were listening, what would you say?
#. If one song were to describe your life, what song would it be?
#. If you bumped your car into another car, but nobody saw you do it, would you leave your name and address?
#. If you could ask God any one question, what would it be?
#. If you could be an animal, what animal would you be?
#. If you could be a bird, what bird would you choose to be?
#. If you could be a plant, what plant would you choose to be?
#. If you could be a super hero, which super hero would you be?
#. If you could be another man or woman for a day, who would you choose?
#. If you could be another person for a day, who would you be?
#. If you could be invisible for a day what would you do and why?
#. If you could change one thing about your spouse or significant other, what would it be?
#. If you could change one thing about yourself, what would it be?
#. If you could change one thing in the world, what would it be?
#. If you could choose how you were going to die, what would you choose your death to be?
#. If you could choose to live on a different planet, which one would you choose?
#. If you could date a celebrity, who would you choose?
#. If you could have only one food for the rest of your life (assuming that this strange situation would not affect your health), which food would you choose?
#. If you could hear what someone is thinking for a day, who would you choose?
#. If you could live anywhere, where would you live?
#. If you could meet any famous person, dead or alive, who would it be and why?
#. If you could speak any other language (besides English) which language would you like to speak?
#. If you could spend a day with any celebrity, who would it be and what questions would you ask that person?
#. If you could take a vacation anywhere in the world for any length of time, where would you go?
#. if you could go anywhere in the world for a holiday, where would you go?
#. If you could travel back in time, where would you go?
#. If you didn't have enough money to get the bus home what would you do?
#. If you discovered a new island, what would you name it and why?
#. If you got arrested for murder, whom would you call with your telephone call from prison? And why?
#. If you had an accident and you had to be at home to recover for a long time, what would you do to relieve the boredom?
#. What would you do if you were at home at night alone and you heard a noise in your flat/house that seemed to be footsteps, Would you stay calm or would you panic?
#What would you do if you found the wallet of your next door neighbor who you hated?
#. If you could have any car you wanted, which car would you choose?
#. If your car broke down on the motorway, what would you do? Would you try to fix it yourself?
#If you were offered a job in another part of the country, would you be willing to take the job, assuming that the pay is very good?
#If you were in the bank and somebody started to hold up the bank, what would you do? How would you react?
#. If you had one wish, what would you wish for?
#. If you could only listen to one song for the rest of your life, which song would you choose?
#. If only one book existed, which book would you like it to be?
#. If you could do any job, what would you like to do?
#. If you could move anywhere, where would you like to live?
#. If you found a suitcase full of $1,000,000, what would you do?
#. If you found a wallet with �1,000 in it, what would you do?
#. If you had 25-hour days (while everyone else continued to have 24-hour days), what would you do with the extra time?
#. If you had the opportunity to be different, what would you change?
#. If you had time machine, where would you go and why?
#. If you had to choose between a wonderful romantic relationship that would end after only a year, or a so-so relationship that would last your entire life, which one would you choose?
#If you had to choose between love and no money or money and no love for the rest of your life, which would you choose?
#. If you were to be killed, what part of your body would you donate and why?
#. If you went to the toilet and then discovered that there was no paper, what would you do?
#. If you woke up in bed and saw a huge spider walking over you, what would you do?
#. If you could have a party and invite anyone (dead or alive), which people would you invite?
#. If you could eat only one food for the rest of your what food would you choose and why?
#. What if your cell phone fell in the toilet, what would you do?

Ask englis

11/21/2017 07:08:00 PM 0
1. Whats love?
2. Do you know the difference between love and like?
3. What do you think about first love?
4. Who is your first love?
5. What did you feel when you see him/her for the first time?
6. What makes you love him/her?
7. What did you do to attract his/her attention?
#. If you and your best friend love same boy/girl.what will you do?
8. Have you ever been on a date?
9. Describe a perfect date ?
10. Describe the character of the person you would like to date?
11. Would you dress up for a first date?
12. What clothes would you wear?
13. How long does it take for dating to become a relationship?
14. What do you think most people talk about when dating?
15. Where is a good place to go on a date in this town?
16. Would you prefer to go out with a quiet or a talkative person?
17. How old were you when you went on your first date?
18. Where did you go?
19. What did you do?
20. Who did you go with?
21. Is going out on dates important for you?
22. If you are a man, and a woman asks you for a date, do you feel you should pay, or that the woman should pay?
23. How often would you like to go out on dates?
24. Is there a such thing as a perfect relationship for? you?
25. If you could go out with anyone, who would it be?
26. What characteristics do you look for in a girlfriend or boyfriend?
27. What do you like to talk about when on a date?
28. Do you like to have boy friend or girl friend in your school or in your classes?
29. How long do you think couples should know each other before they get married?
30. Do you think it is okay for a couple to live together before getting married? Why or Why not?
31. Do you think it is okay to marry someone with a different religion?
32. Do you think it's OK for a man to have two wives?Do you think it's OK for a wife to have two husbands?
33. Do you think religion influences marriage? If so, in what ways?
34. Do you want a husband or wife who is older, younger or the same age as you?
35. Do you want to have children?If so, how many?36. Have you ever hated loving someone?
37. Have your parents ever disapproved of any of your relationships?
38. If you had to marry either a poor man whom you really loved, or a rich man whom you did not love, which would you choose?

Sabtu, 18 November 2017

Rasa ingin menyerah

11/18/2017 10:46:00 PM 0
Terkadang, bisikan untuk menyerah dalam hidup selalu datang. Entah, aku selalu berpikir bahwa di dalam diri ini tak hanya ada 1 jiwa. Mereka membisikan semuanya ditelinga, dikepala, disamping dan belakang.

Tau sih setiap masalah hidup seseorang itu berbeda-beda. Tapi, percaya deh ketika ada masalah kalian selalu berpikir "Kenapa sih masalah hidup gue berat banget" Salah satu nya gue yang selalu  berpikir seperti itu. Gue bodoh. sangat bodoh, yang hanya memikirkan ego sendiri tanpa lihat keadaan di luar sana.

Gue khilaf, hati gue gelap seakan gue berpikir kalau Allah itu gak adil.
Astagfirullah, gue nyebut saat gue inget pikiran gue sedang kalut, gue takut, gak tau apa yang harus gue lakuin. Berusaha kuat karena tidak akan ada seseorang pun yang membantu mu kecuali dirimu sendiri.

Ada sesuatu hal yang pengen banget gue ceritain, tapi gue bingung harus cerita ke siapa? ke mana? dan siapa yang bisa gue percaya? dulu gue punya temen, cukup akrab dan pada suatu ketika gue terlibat pertengkaran kecil, hingga saat ini kita gak  musuhan cuma kita gak kontekan lagi dan berjanji untuk tidak merepotkan padahal dulu saat dia repot, dia susah, dia sedih, dia nangis depan gue selalu ada. Tapi, di saat gue kaya gini dia malah nyalahin keadaan dan mengira bahwa selama ini dia menyusahkan gue, memang begitu kenyataannya dengan akhir kata dia meminta maaf dan berjanji gak akan ganggu hidup gue. Meminta maaf atas segala kerepotan yang dia buat sama gue. Pada saat itu gue kesel gue khilaf dan omongan pisau gue ini udah ngebuat pertemanan kita hancur. Gue sendiri amat teramat meminta maaf karena sengaja mengukap apa yang telah gue berikan selama ini. Gue cuma niat untuk menyadarkan tapi sikapnya ngebuat gue bener-bener kecewa. Gue mesti gimana? Mulai sekaranag gue gak akan percaya sedikit pun sama seseorang. Mungkin egois ini gak akan pernah hilang dari diri gue. Gue sendiri gak tau apakah masih ada temen yang mau mencintai gue? menerima gue? tanpa hanya sebatas memanfaatkan kebaikan gue. Gue gak butuh temen kaya, gabutuh temen cantik, gak butuh temen yang bermuka dua. Gue cuma mau disaat gue sedih, gue susah gue butuh pun ada.

gue selalu gak bisa ngelak dari kata-kata ini "Kenapa hidup gue begini?" apa ini salah satu tanda tidak bersyukur? lagi-lagi gue mengutuki diri, kalau dipikir gue ini kurang apa? dibanding mereka yang dibawah sana tak memiliki apa-apa? Tapi, saat gue melihat teman-teman yang lebih dari gue. Gue cuma bisa berpikir "Apa masalah kehidupan mereka sama rumitnya kaya gue?"

Apa kehidupan gue selalu dipenuhi dengan air mata? gue gak bisa menceritakan ini semua di blog, gue gatau harus gimana... gue udah coba segala aktivitas di kampus, awal yang menyenangkan buat gue. Tapi, lama kelamaan orang tua yang selalu mengekang gue membuat gue ngerasa "Gue, harus ikut yang mana? apa nurutin orang tua yang gak usah gabung keorganisasian atau terus jalanin itu semua meski dilarang?" Disatu sisi terkadang gue kesel sama mereka tapi mereka orang tua gue, yang mendidik gue, melahirkan gue, lalu disaat gue memilih mengikuti organisasi keislaman orang tua tak menyutujui apa yang meski gue perbuat? selain egois gue juga keras kepala, apa pun kemauan gue gak bisa dilarang asal itu semua postif tapi walaupun hal itu positif kalau orang tua tak meridhoi ya bisa apa? Allah juga tak meridhoi bukan? sekarang gue dilema banget bener-bener gak tau apa yang mesti gue perbuat...

di kampus, gue gak lagi pake levis, gue gak lagi pake pakean ketat, gue gak lagi pake kerudung ngasal, tampilan gue sekarang jilbab panjang, pake gamis sampe pada akhirnya orang tua geram dan berkata
"Kamu gak bisa ndah pakai-pakaian yang bener?" JLEB, ini beneran jleb, gue gak mau ambil pusing tadinya dan mencoba diam tapi akhirnya jawab juga
"Emang ini gak bener?, terus yang bener kaya gimana, yang sexy? yang keliatan aurat?"
"Ya, yang gak kedodoran lah, masa ke kampus pake gamis kaya mau ngaji aja itu mah buat ke mushola"
"Endah udah gak punya levis"
"Ya, beli lah"
"Gak ada duit" kata gue singkat
"lagian levis ngetat, risih"

akhirnya gue jalan ke kempus dengan hati sedikit jengkel meski gue coba lupain tapi gak bisa, gue coba untuk nurutin kata ortu sekarang, gue cuma takut kualatan meski hal yang gue lakuin itu benar pasti salah dimata mereka. Renungan malam ini ngebuat gue tersadar akan gelapnya dunia.

mungkin menjauh perlahan tapi tidak bermaksud untuk menghilang begitu saja.

Minggu, 22 Oktober 2017

The true friend true love

10/22/2017 11:20:00 PM 0
Hai, malam ini gelap ya? kamu tahu kenapa gelap? karena cahaya nya tak mampu lagi menerangi.
Dunia begitu berat jika kamu memikulnya sendiri, yup jangan anggap itu semua beban yang berat menimpa hidupmu saat ini

Sebenernya aku sendiri di sini gak tau mau nulis apa, karena merasa blog sudah seperti sarang kecoa oh ya aku mau buat cerpen kali aja ada yang mau baca hehe

Seberap kuat kamu menahan rasa "Aku baik-baik saja kok"
Seberapa tahan kamu berpura-pura bahagia "Aku seneng liat kedekatan kalian ke jenjang pernikahan.."

Karena pada akhirnya kita hanya memilih satu untuk dijadikan hidup bersama nantinya. Ketika kamu jatuh cinta secara tidak sadar kamu akan melakukan apapun untuknya bahkan perhatian sekecil apa pun tak luput untuknya, dulu aku begitu. Ya, sangat .. awalnya aku tak tahu mengapa rasa peduli ku selalu ada untuknya. Tapi, sebaliknya dia yang selalu ku perhatikan tidak membalas apa yang telah ku berikan.

Sakit ketika seseorang yang kamu suka bertanya saran kepadamu untuk mendekati sahabat mu, kamu menyuruhkan membelikannya sebuah coklat dan bunga padahal itu harapanmu padanya agar coklat dan bunga itu diberikan untukmu. Hayalanmu begitu tinggi hingga pada akhirnya kamu jatuh, sakit dan bangun dengan tertatih.

Kamu tak seharusnya begitu, kamu itu cantik juga menarik dan kamu tak kalah cantik dari cewe lain, kamu sempurna dengan kaki jenjang, pinggul lebar dan kulit coklat tak perlu berjemur ala bule diluar. Kamu menarik tapi kenapa kamu selalu tertarik pada seseorang yang mungkin tak kan melirik mu. Buka matamu, fokuslah pada dirimu, karir juga pendidikanmu. Balas lah ia hingga pada akhirnya menyesal telah melukai hatimu tanpa sengaja itu.

Karena pada akhirnya kamu kan mengerti meski sebarapun kamu cinta mati dengannya meski Allah tak meridhoi kamu dan dia pun tak akan pernah bersatu

Karena pada akhirnya kamu sakit dan berpura-pura bahagia sesungguhnya kebahagian itu ada saat melihat yang kamu cinta bahagia meski bukan bersamamu.

Minggu, 01 Oktober 2017

Gagal Lagi..

10/01/2017 08:47:00 AM 0
Untuk yang ke2 kali aku mencoba mengikuti tes CPNS setelah kegagalan di tahun 2014 mencoba kepolisian dan kemaren aku baru aja gagal di CPNS KEMENKEUHAM, sebetulnya setelah keseringan gagal aku mencoba menguatkan diri. Tapi, entah tak bisa. ya, tak bisa melupakan perjuangan begitu saja. Terlebih saat itu harus ke provinsi banten hanya untuk pengukuran TB.
Berangkat pagi jam 4 dan sampai sana jam 8. Bukan karena aku lelah tapi aku kasian terhadap bapak yang rela mengantar aku jauh-jauh hingga ke sana.

Pada tahap tersebut jelas aku masuk karena memenuhi kualifikasi. Lalu, aku mendapatkan nomor  bukti regristasi untuk mengikuti tes CAT. Pada tes kali ini aku gagal, entah keberuntungan tak berpihak padaku, apa aku yang terlalu bodoh tak bisa menjawab soal, atau memang Allah memiliki rencana lain selain ini. Tak ada sedih di hati, meski memang sedikit aku hanya bisa berkata "Yaudah lah.." ini pelajaran buatku, seandainya nanti aku mencobanya kembali aku harus lebih rajin belajar.

Lagi-lagi aku mengecewakan
Lagi-lagi aku hanya bisa menyusahkkan
Lagi-lagi aku hanya membuang-buang waktu
Lagi-lagi aku hanya bisa merepotkan

Ya, kau rela mengtarku kemanapun aku mau
Kau tururi segala semua keinginanku 
Kinginan yang mungkin itu tak akan pernah terwujudkan menurutmu

Lalu, aku sedih karena terlalu sering aku mengecewakanmu
Maafkan aku...
Aku hanya berusaha untuk bisa memberikan apa yang aku bisa untuk keluarga
Tapi, aku tak mampu..
Rasa ingin menyerah itu salalu saja larut dalam pikiranku..
Dengan kuat aku coba membunuh rasa pantang menyerahku itu.
Walau sekali pun kalian kedua orang tua ku mencoba mematahkan semangatku
Kau selalu bilang, "Sudah, lupakan.. hidpulah seperti air mengalir"
"Tapi, aku tak mau! aku ingin ingin jadi air namun aku juga ingin mengalirkan air pada yang lain"
Aku yakin bisa meski bukan sekarang.

Dan aku selalu bermimpi tantang apa yang aku mau dimasa depan,
tapi, kamu selalu mentertawai mimpiku. Aku tau meski kau tertawa namun didalam hatimu kau berdoa
Ya, berdoa untukku selalu. Aku yang hanya bisa bermimpi. Kelak aku kan bisa wujudkan itu semua.

Rasa sakit akibat kegagalan begitu meninggalakan luka yang mendalam
Aku taku jika aku terlarut lama dalam kesedihan hanya akan membuat diriku terlihat seperti pecundang
Terimakasih untuk Allah yang telah memberikan selalu kesempatan di setiap usaha yang telah ku lakukan, Aku akan selalu belajar dari setiap kegagalan. Semoga Allah kan menwujudkan apa yang selama ini menjadi impian.

Tgr. 01-10-2017

Sabtu, 16 September 2017

Pada Akhirnya DIA yang SERIUS pun akan Memilih Tuk Menikahimu

9/16/2017 12:14:00 AM 0
Pada Akhirnya DIA yang SERIUS pun akan Memilih Tuk Menikahimu



Assalamualaikum...
Aciaaa ciaaa... Judulnya ya kok "Ngena" banget ya? haha.
Seriously.. that title is true.. Jadi, gini.... sebelum aku melanjutkan tulisan ke tidak jelasanku ini ada baiknya kalian membaca Doa.. Mari berdoa menurut Agama dan kepercayaan masing-masing..
Berdoaaa mulai..

Selesai...

Jadi.. mulai dari mana ya? haha
Wanita mana yang gak Baper? saat diberi perhatian lebih oleh laki-laki? meski awalnya gak suka karena alesan sesuatu tapi karena laki-laki ini sering ngasih perhatian dan lama-lama pun hati wanita tersebut luluh, dinding yang dibangun kokoh pun runtuh. 

Banyak dari mereka yang bilang kalau "Tak kenal maka tak sayang?" "Tak kenal maka tak cinta?" Bener sih.. Tapi menurut ku Kenal pun tak harus menjadi cinta? ya karena cinta sendiri memiliki porsi. Kita gak mungkin Cinta sama orang yang baru kita kenal. Menurutku Cinta sendiri bukan hanya sekedar pandangan pertama saat kamu dan aku bertemu. Dia yang selalu bilang ke kamu kalau "Aku tuh CINTA sama kamu..."  bukan hanya ingin menjadikanmu sebagai pacar tapi dia yang serius pun akan datang dan melamar menemui mu dan kedua orang tua mu. Meminta izin dan ridha dari Tuhan juga kedua orang tua mu. Dia yang serius pun tidak peduli segala kekuranganmu, justru ia ingin menjadikan kekuranganmu itu menjadi kelengkapan saat bersamanya.

Dia yang selalu memberikan rasa nyaman belum tentu jodohmu. Jodohmu akan kamu ketahui saat seorang pria yang saat itu mengucapkan kata "SAYA TERIMA NIKAHNYA.."  janji suci pernikahan di depan kedua orang tua dan orang-orang sekitar dan mereka berkata "SAH".

Bahagiakanlah dirimu meski saat kamu tahu nanti, seseorang yang membuatmu nyaman saat ini malah menikahi wanita lain dan bukan dirimu. Kecewa pasti.. karena kita berpikir dia adalah jodoh, tapi Allah memiliki jawaban lain, hanya Allah lah yang mengetahui nasib baik dan buruk di masa depan.  Mungkin kamu akan menemukan orang yang salah diawal, dari kesalahan itu kamu belajar menjadi lebih baik lagi.

Wanita itu harus kuat, harus berani kemanapun sendiri, gak melulu mengandalkan dia yang kamu manfaatkan hanya sebagai tukang ojek. Wanita yang tahu diri adalah ia yang segan meminta bantuan laki-laki meski lelaki tersebut menawarkan. Kamu memang butuh bantuan tapi kamu merasa masih kuat dalam menghadapi segala cobaan. Mungkin dia yang peduli dengan mu bukan hanya sekedar menawari bantuan dia yang benar-benar peduli dengan kehidupanmu akan membantu mu dan menolongmu menjadi pelindungmu dan juga teman curhat dan imam sekaligus buatmu, ia ingin merangkai cerita indah bersama mu, susah senang bersama mu, memikul beban bersama mu. 

DUH KOK ANA YANG BAPEEEER :'( 

Lanjut gak nih??? jam berapa sih sekarang? udah jam 00.00 hahah. Kenapa ya ide bermunculan saat malam hari kayak gini.. kan nyebeliiiiiiin!!

Aku pernah kecewa pada seseorang yang menurutku baik dan mampu membuat ku menjadi pribadi yang lebih dewasa, perbedaan jarak umur seharusnya tak menjadikan ini semua masalah untuk kamu dan aku bersatu. Tapi, ternyata Allah tidak menggariskan takdir kita tuk bersatu. Entah aku yang tak baik untuk mu atau kamu yang memang tak menginginkanku sebagai masa depan bersama mu. Lalu, setelah kedekatan itu, kamu berlalu.. menjauh dari ku berbulan-bulan tak berkabar lalu kamu mengundangku tuk datang kepernikahanmu. Dengan siapa? yang pasti bukan denganku? Kecewa? Tentu pasti, tapi apa yang bisa ku perbuat. Aku hanya mampu tuh mendoakanmu dan menjadi keluarga yang bahagia meski bukan denganku.

Dari inilah aku mendapatkan pelajaran. DIA yang SERIUS pun akan segera MELAMARMU. Buat kamu wanita salehah di mana pun berada.. Cinta memang tidak terduga ia datang dari mana.. bagaimana dan dengan siapa kita kan jatuh cinta. Saat cinta yang kita punya berdoalah pada sang pemilik CINTA tersebut yaitu ALLAH SWT. Katakan padanya bahwa saat kita jatuh cinta jangan berikan cinta kita lebih besar dari cinta kita kepada Allah. 

Semoga Allah selalu memberikan Ridha di setiap apa yangkita cinta.

Udahan ah haha, cukup sekian tulisan gak je ini..

wasalamualaikum..

Selasa, 12 September 2017

Yang Terbaik Pasti kan Datang

9/12/2017 10:11:00 PM 0
Entah berapa lama ku memendam rasa ini padamu. Tapi, aku tak yakin pula dengan perasaan ini. Seakan aku tak ingin mengakui bahwasanya ku juga memiliki rasa padamu. Mengenalmu adalah hal yang indah untukku. Kita tak pernah mencoba untuk bersatu. Ya, aku dan kamu menjalani hari seperti biasanya. Bercanda tawa seakan biasa tanpa memiliki rasa. Tapi seiring waktu aku mulai merasakan sikapmu berbeda bukan menjauh tapi kamu semakin perhatian padaku. Lalu, aku merasa risih dengan sikap mu yang seperti itu. Tahu kah kamu? Aku hanya tak ingin rasa itu berubah saat kamu telah mendapatkanku lalu kamu pergi tinggalkanku. Aku ingin kita seperti ini saling peduli meski tak saling memiliki.

Salahkah aku? mungkin iya. Ego kah aku? Mungkin benar. Maafkan aku yang terlalu menutup hatiku padamu. Aku hanya tak ingin kecewa untuk kesekian kalinya oleh seseorang yang tak pasti bukan jodohku. Berpacaran dan menjalin rasa cinta, aku salah selama ini. Aku pikir itu semua hanya buang-buang waktu. Buang waktu buang tenaga pikiran juga uang. Setelah bosan putus lalu tinggalkan.

Aku tahu, tak semua hubungan berakhir seperti itu.. tapi aku wanita tetap takut saat rasaku telah benar-benar jatuh padamu lalu kamu pergi begitu saja tinggalkanku. Konyol memang.. pikiran negativ yang ku buat ini tapi dari lubuk hatiku yang paling dalam aku Meminta maaf atas segala candaan yang mungkin menyakitkan hatimu, mengukir kenangan namun juga menggores luka di hatimu.

Akhirnya kamu pergi dari kota ku..

Sedih teramat yang aku rasa saat mengetahui kabar mu.
Tanpa kenangan tanpa perpisahan untuk terakhir kalinya, dan kini aku hanya berharap kepada sang Maha Kuasa memberikan perlindungan di mana pun kamu berada. Percayalah mungkin saat ini kita terpisah ruang, dan jarak. Tapi mungkin perasaanku pun tak memiliki jarak padamu. Aku telah menyadari ini sejak lama. Tapi entah susah sekali aku mengakui itu semuanya padamu. Dan percayalah hanya Rindu yang kurasa kini. Percayalah Rindu ini baik untuk kita.


For u yang sangat aku Rindu.

Minggu, 03 September 2017

Menabahkan Artboard atau Lembar Kerja pada Adobe Ilustrator

9/03/2017 10:02:00 PM 0
Assalamualaikum temen-temen, di sini ana mau coba memberikan sedikit ilmu ana ke kalian, #eaaa. Jadi di sini ana mau membuat atau menambahkan Artboard atau lembar kerja pada Adobe Ilustrator, Oh ya Adobe yang ana gunakan versi CS6, Ini sama saja tool nya dengan adobe-adobe cs3,cs4,cs5 kok hehe.

oke.. langkah pertama mari kita simak gambar berikut ini:

1. Ketika kita malas membuat Document>New maka kita bisa memanfaatkan lembar kerja pada Adobe Ilustator ini. Kita klik SHIFT+O




2. Setelah menekan tombol SHIFT+O secara bersamaan, Maka kita tekan icon berikut ini atau dinamakan New Artboard.



3. Setelah sudah kita arahkan lembar kerja menggunakan mouse di mana pun yang kita mau. Kalau bisa sih dibawahnya dan sejajar dengan atasnya agar tampak rapih nantinya.




Nah, kan mudah banget? JADI DEH. heheh
Oke sekian tutorial dari ana, mungkin kalau ada yang bingung bisa ditanyakan melalui komentar atau gmail .

See u, Wassalamualaikum

Kamis, 24 Agustus 2017

Beberapa hal yang sedang gue pikirkan saat ini

8/24/2017 12:23:00 AM 0
Pukul 23.31


Hi, guys.. kalian lagi ngapain?
Hmmm.. gue kok gak bisa tidur ya, kaya ada sesuatu yang sedang gue pikirin dari kemaren.
Saat ini gue lagi mendengarkan musik yang berjudul When we Were Young (Adele). Entah, kenapa gue demen aja dengerin lagunya adele, pas didenger-denger ternyata liriknya dalem juga hehe.

Udah lama banget gue gak curhat kaya begini di blogger gue sendiri. Waktu gue nganggur dan waktu smk dulu, gue suka banget nyeritain kegiatan harian gue di sekolah. Ya, syukur-syukur ada yang baca. Ngga ada ya juga gak apa-apa haha, toh emang cuma buar diary aja. Tapi.. bego nya gue adalah.. diary itukan 'secret' ya. Lah, kalau gue tulis di sini ya, namanya juga internet siapa pun, orang dan di mana pun orang pasti bisa mengaksesnya. Tapi.. anehnya mereka pada suka, gue gatau berapa lama temen gue jadi secret reader kaya gitu hehe. Gue tau dia seorang secret reader waktu dia bilang "Semoga gak pernah ketemu sama cowo kaya gitu lagi" dia bilang gini dihadapan gue, meski matanya menatap arah lain, tapi gue sadar itu TULISAN GUE DI BLOGGER haha.

Malu, aneh, alay, hah semuanya deh... dan seketika gue jadi banyak dikenal gara-gara tulisan absurd gue itu. Mulai dari temen yang beda jurusan waktu di smk, temen sekelas bahkan guru yang selalu ngeledekin gue sama mantan gebetan. #WhatMantan?! yes! MANTAN haha

By the way...

Kenapa akhir-akhir ini gue suka lupa-an ya? Ya, kaya lupa sama hari, lupa naruh barang dan lupa sama uang. Pokoknya barang-barang nyata gitu. Dan gue juga gampang baperan, baper banget waktu gue tau gue gak bakal sekelas sama orang-orang yang gue harapin buat sekelas. 

Jujur, kalau aja blogger ini bisa jawab curhatan gue, mungkin gue amat sangat bahagia. 
Gue tau.. gak seharusnya gue ngeluh kaya gini., gak seharusnya gue terlalu kepikiran dengan hal kaya gini, hidup emang kadang diatas dan dibawah. Gue yakin Allah gak akan menguji diatas kemampuan umatnya. Mungkin kalau gue gak punya iman bisa jadi gue bakal mati dgn cara tragis kaya vokalis linking park huhu.#Naudzubillah amit-amit

Guys, pernah gak sih kalian di kamar sendirian kalian kepikiran kalian pengen banget jadi ini, pengen banget jadi itu. Tapi, urusan kalian seperti keluarga dan lingkungan yang tak memungkinkan itu yang ngebuat kalian cuma bisa down, nangis di kamar, pura-pura bahagia padahal hati terluka

Akhir-akhir ini gue kaya gitu, gue nangis gak jelas banget. Gue sedih aja liat bokap dan nyokap yang kadang ribut cuma gara-gara hal sepele. Gue capek, balik kerja terus pulang kerja gue harus les. Itu pun belakangan ini gue jarang les karena kerjaan gue yang luar biasa. Gue juga ikhlas, gue coba sabar menghadapi mereka. Tapi, terkadang kelelahan gue ngebuat kata-kata kasar dari mulut gue ini keluar. Ya Allah kenapa susah banget ngontrol emosi, gue cuma bisa nangis setelah berkata seperti itu. Gue sedih sama diri gue yang terlalu bodoh untuk mengontrol semuanya. Gue sadar gue gak seharusnya kaya gini, gue ini anak perempuan yang di mana seharusnya anak perempuanlah yang lebih mengerti mereka, seharusnya gue yang lebih peduli dibandingan anak laki-laki. Gue sadar, orang tua gue masih hidup, gue gamau nyesel cuma gara-gara gue capek dan gue selalu marah ke mereka. Gue gamau nyesel ketika merka udah gak ada nantinya. Di saat gue belum balik dan panggilan masuk dari nyokap, gue selalu kesel, gimana gak kesel? baru jam 8 udah di telpon. Tapi percayalah ketika besok harinya beliau tak menelpon gue ngerasa ada yang hilang. Gue membayangkan panggilan itu hilang dari gue selamanya-selamanya......


untuk hati yang sering terluka oleh kata 
untuk hati yang sering tersakiti oleh tajamnya  mulut
untuk mama yang selalu terluka hatinya 
untuk bapak yang selalu mencoba sabar dalam menghadapi sikapku
untuk semua teman dan shabat yang pernah terluka hatinya

Maaf...

Maaf...

untuk kita yang masih memliki orang tua. Jaga lah meraka selagi masih hidup, saat mereka marah itu tanda mereka sayang kepada kita. Di saat orang tua menelpon terlalu sering itu tandanya khawatir pada kita.


Sabtu, 19 Agustus 2017

14 kata yang membingungkan

8/19/2017 10:17:00 PM 0

1. Advise, Advice

Advise (nasihat) - Tawaran saran tentang tindakan terbaik kepada seseorang.

Advice (saran) - suatu opini atau rekomendasi yang ditawarkan sebagai panduan tindakan, perilaku, dsb.

Example: Neha advised me to give Pooja an advice on what to wear for the party.
(Neha menasihati aku untuk memberi Pooja saran tentang pakaian untuk dikenakan ke pesta.)


2. Weather, Whether

Weather (cuaca) - keadaan atmosfer di suatu tempat dan waktu tertentu sehubungan dengan panas, awan, kekeringan, sinar matahari, angin, hujan, dsb.

Whether (seandainya, apakah, entah) - mengekspresikan keraguan atau pilihan di antara alternatif.

Example: Whether you agree to it or not, the weather has become cold.

(Entah kau menyetujuinya atau tidak, cuaca sudah menjadi dingin.)


3. Alter, Altar

Alter (perubahan) - perubahan dalam karakter atau komposisi, biasanya dengan cara yang relatif kecil tapi signifikan.

Altar (altar) - Tempat atau bangunan tinggi jaman dahulu untuk upacara religius yang mungkin dilangsungkan atau pada saat pengorbanan mungkin ditawarkan.

Example: We need to alter the altar. It is very old now.
(Kita harus mengubah altar itu. Sudah sangat tua sekarang.)


4. Principal, Principle

Principal (utama, pokok) - pertama dalam urutan kepentingan; utama.

Principle (prinsip, pendirian) - perilaku dan sikap yang benar secara moral.

Example: The principal of that school is a man of principles.
(Hal pokok dari sekolah itu adalah menjadi orang berprinsip.)


5. Bare, Bear

Bare (telanjang) - (orang atau bagian tubuh) tidak berpakaian atau tertutup.

Bear (beruang) -  mamalia besar dan berat yang berjalan dengan telapak kakinya, mempunyai bulu lebat dan ekor yang sangat pendek.

Bear (menahan) - menanggung/menyangga; membawa beban.

Example: The bear was bare. He was bearing the weight of the tree.
(Beruang itu telanjang. Dia menahan berat pohon itu.)


6. Whole, Hole

Whole (seluruh) - semua; keseluruhan.

Hole (lubang) - tempat berongga pada suatu badi atau permukaan yang solid.

There were holes in the whole cake.
(Ada lubang-lubang di seluruh kue itu.)


7. Prey, Pray

Prey (buruan) - hewan yang diburu dan dibunuh oleh sesuatu yang lain untuk makanan.

Pray (berdoa) -  ditujukan pada doa kepada Tuhan atau dewa lain.

The elephant fell prey to the tiger and got hurt. Everybody was praying for the elephant to get well soon.
(Gajah itu diburu harimau dan terluka. Semuanya berdoa untuk sang gajah supaya lekas sembuh.)

Nama-nama Anggota Keluarga dalam bahasa Inggris:

8/19/2017 10:14:00 PM 0
Nama-nama Anggota Keluarga dalam bahasa Inggris:

1. Grandmother - Nenek
2. Grandfather - Kakek
3. Grandparent - orang tua dari ayah atau ibu

Secara khusus:

Paternal Grandfather - Kakek dari pihak Ayah
Paternal Grandmother - Nenek dari pihak Ayah
Maternal Grandmother - Nenek dari pihak Ibu
Maternal Grandfather - Kakek dari pihak Ibu

Kami secara umum menggunakan kata 'Grandparent' untuk merujuk pada Kakek dan Nenek.

4. Granddaughter - Cucu perempuan
5. Grandson - Cucu laki-laki
6. Grandchild - Cucu
7. Aunt - Bibi

Contohnya: She is my aunt [Dia adalah bibiku]
(bukan: She is my aunty)

8. Uncle - Paman
9. Niece - Keponakan perempuan
10. Nephew - Keponakan laki-laki
11. Cousin - Sepupu

Kiat: Kita tidak perlu menyebut 'Cousin Brother' atau 'Cousin Sister' - cukup 'cousin' saja. Contohnya: She is my cousin [Dia adalah sepupuku] (bukan: She is my cousin sister)

12. Sister-in-law - Saudari ipar
13. Brother-in-law - Saudara ipar
14. Mother-in-law - Ibu mertua
15. Father-in-law - Ayah mertua

Cara izin kepada atasan

8/19/2017 10:13:00 PM 0
Dear Sir,

I wish to inform you that I am getting married next year, in January 2017. I want to request official leave to get prepared for my wedding ceremony. Kindly grant me leave for two weeks starting December 25th 2016. I shall resume work from 8th January 2017. (Kepada Bapak/Ibu, Saya ingin memberitahu Anda bahwa saya akan menikah tahun depan pada bulan Januari 2017. Saya ingin meminta cuti untuk menyiapkan diri untuk upacaa pernikahan saya. Mohon kiranya memberikan cuti selama dua minggu sejak tanggal 25 Desember 2016. Saya akan kembali bekerja mulai tanggal 8 Januari 2017.)

An official invitation for our wedding ceremony will follow soon. I hope you would be able to attend our wedding ceremony. (Undangan resmi upacara pernikahan saya akan segera mengikuti. Saya harap Anda dapat menghadiri upacara pernikahan kami.)

In my absence, I have requested Isha to manage all high priority tasks that were on my plate. I will try my best to be available over emails for anything urgent. (Sebagai pengganti ketidakhadiran, saya telah meminta Isha untuk menangani semua tugas berpriotitas tinggi yang ada di tangan saya. Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk ada melalui email jika ada hal yang mendesak.)

Thank you for your consideration. (Terima kasih atas perhatian Anda.)

Regards,
Ramesh Roy
Senior Sales Executive
(Hormat saya, Ramesh Roy, Eksekutif Sales Senior)

6 cara untuk mengatakan 'Semoga lekas sehat':

8/19/2017 10:12:00 PM 0
6 cara untuk mengatakan 'Semoga lekas sehat':

1. I was shocked to hear the news about your accident. I hope you get well soon!

(Aku terkejut mendengar berita tentang kecelakaanmu. Aku harap kau cepat sembuh!)

2. Just heard that you broke your leg. Wish you a speedy recovery. I will visit you in the hospital soon. Take care!

(Aku baru saja mendengar bahwa kau patah kaki. Semoga kau cepat pulih. Aku akan segera menjengukmu di rumah sakit. Baik-baik, ya!)

3. Hey, I just got to know that you have caught Typhoid. Take good care of yourself, and get well soon. Please let me know if I can be of any help.

(Hei, aku baru tahu bahwa kau kena Tifoid. Semoga kau baik-baik saja, dan segera sembuh. Beritahu aku jika kau memerlukan bantuan.)

4. Praying for your grandfather's speedy recovery!

(Semoga kakekmu lekas pulih!)

5. Get well soon! Everyone misses your jokes here, hope to see you again soon.

(Semoga lekas sembuh! Semua orang merindukan gurauanmu di sini, aku berharap segera bertemu denganmu.)

6. Just heard about your dad's surgery. Hope everything is fine. Wish him a speedy recovery. Please let me know if you need any help.

(Aku baru mendengar tentang operasi ayahmu. Semoga semuanya baik-baik saja. Aku berharap beliau cepat pulih. Beritahu aku bila kau memerlukan bantuan.)

7 Ungkapan:

8/19/2017 10:10:00 PM 0
7 Ungkapan:

1. Devil's Advocate - a person who expresses a contentious opinion in order to provoke debate or test the strength of the opposing arguments.
(seseorang yang mengekspresikan opini bertentangan untuk memprovokasi debat atau menguji kekuatan argumen lawan.)

Example: Teachers often play devil's advocate to provoke discussion in the classroom.
(Para guru sering bermain 'devil's advocate' untuk memprovokasi diskusi di kelas.)


2. Curiosity killed the cat - being inquisitive about other people's affairs may get you into trouble.
(menjadi penasara/ingin tahu tentang urusan seseorang dapat membuat Anda terlibat masalah.)

Example: Don't ask about his break-up, curiosity killed the cat!
(Jangan bertanya tentang putusnya hubungan dia, itu sama saja dengan cari masalah!)

3. What you sow is what you reap - You eventually have to face up to the consequences of your actions.
(Pada akhirnya kau harus menghadapi konsekuensi atas tindakanmu.)

Example: If you treat your friends like that, of course they drop you. You reap what you sow in this life.
(Jika kau mempunyai teman seperti itu, pasti mereka menjatuhkanmu. Pada akhirnya kau harus menghadapi konsekuensi atas tindakanmu.)

4. A dime a dozen - very common and of no particular value.
(sangat umum dan tidak ada nilai khusus.)

Example: Water is treated as a dime a dozen. That is why people waste it.
(Air diperlakukan seperti hal biasa. Itulah alasan orang-orang menyia-nyiakannya.)

5. Beat around the bush - To avoid getting to the point of an issue
(Untuk menghindari inti dari permasalahan)

Example: She never told her friend the truth. She kept beating around the bush.
(Dia tak pernag mengatakan kebenarannya kepada temannya. Dia selalu menutup-nutupinya.)

6. Cold shoulder - a phrase used to express dismissal or the act of disregarding someone.
(suatu frasa yang digunakan untuk mengekspresikan penolakan atau tidak menghargai seseorang)

Example: He offered a cold shoulder when a stranger asked for help.
(Dia acuh saja ketika ada orang asing meminta bantuan.)

7. Fit as a fiddle - in very good health.
(dalam keadaan sangat sehat)

Example: I met her yesterday after 2 years, she looked fit as a fiddle.
(Aku baru bertemu dia kemarin setelah 2 tahun lamanya, dia kelihatan sangat sehat.)

Interviewer: Tell me something about yourself.

8/19/2017 10:05:00 PM 0
Interviewer: Tell me something about yourself.
(Ceritakan sesuatu tentang diri Anda.)

Candidate: Sir, I was born and brought up in Chandigarh. I completed my bachelor's degree in commerce from Delhi University. I am a loyal and diligent professional with keen interest in sales and marketing.
(Begini, saya lahir dan besar di Chandigarh. Saya menyelesaikan gelar sarjana dalam perniagaan dari Delhi University. Saya adalah orang yang loyal dan profesional yang tekun dengan minat utama dalam penjualan dan pemasaran.)

(TIP: Anda tak perlu mengatakan nama Anda lagi saat menjawab pertanyaan ini)

Interviewer: Do you have any prior experience in sales?
(Apa Anda mempunyai pengalaman sebelumnya dalam penjualan?)

Candidate: Yes, sir. I have two years of experience in sales. I have worked with two leading retail stores in the sales department.
(Ya, pak. Saya mempunyai dua tahun pengalaman dalam penjualan. Saya telah bekerja dengan dua toko ritel terkemuka dalam departemen penjualan.)

Interviewer: Tell me a bit about your last job profile.
(Ceritakan sedikit tentang profil pekerjaan terakhir Anda.)

Candidate: Sure. I was working with Big Bazaar, and I was responsible for sales and customer support at one of their outlets. I primarily looked after the beauty and wellness section at Big Bazaar. My role involved making the customers aware of our products, responding to their queries, helping them in finding the right products, and also grievance handling.
(Tentu. Saya pernah bekerja dengan Big Bazaar, dan bertanggung jawab atas penjualan dan dukungan pelanggan di salah satu outlet mereka. Saya terutama mengurus bagian kecantikan dan kesehatan di Big Bazaar. Saya berperan untuk membuat pelanggan mengenal produk kami, menjawab pertanyaan mereka, membantu mereka menemukan produk yang tepat, dan juga menangani keluhan.)

Selasa, 08 Agustus 2017

Good people in the class 604. See You Again!

8/08/2017 02:13:00 AM 0


Good people in the class 604.

Gue gak tahu, kenapa gue bisa ngerasa terpisah aja sama mereka nantinya, apa mungkin.. karena gue udah nyaman banget punya temen kaya mereka, Emm, gak semua sih bikin nyaman, ada beberapa orang yang benar-benar ngebuat gue jadi semangat kuliah banget. Jujur pertama kali kita kenal kita gak tau siapa nama diantara kita itu. Karena, kita ini anak pindahan jadi tuh, harusnya kita dari semester1-4 kita bareng. Tapi, pas naik semester 4 kita malah pisah dari kelas sebelumnya. Gue sih rada seneng karena jujur gue kurang nyaman sama kelas sebelumnya. Gue akuin dikelas sebelumnya banyak yang pinter, Tapi, pinternya gak mau bagi-bagi. It,s ok. Dan dikelas sebelumnya IPK gue terus menurun entah kenapa gue juga bingung.

Dan setelah tau kita pisah kelas ya cuma beda-nya sebelah-sebelahan aja sih. Jadi sebagian besar temen gue di kelas 605 dan gue terdampar bersama beberapa anak laki-laki dan berasama temen gue cewe. Jadi, yang pindah ada Gue, ika, budi, ridik, ilham, ibnu, hendro, bang rully. So, sebenrnya mereka asyik-asyik. Dan karena udah tau sifat mereka ya udah gak kaget lagi dikala Ilham menggoda cewe-cewe di kelas dengan tampang sok gantengnya dan hal yang paling lucu dari dia adalah di saat pelajaran hitung-menghitung selalu billang "Sepeleee.." dengan tangan merendahkan dan gak lama dia malah manggil
"Ndah, ini dapet ini dari mana?" gubrakk

Karena cuma kenal sebentar dengan mereka, mereka semua juga nunjukin sifat yang baik sih. Tapi, ada beberapa juga sih yang begitu hehe.
Dateng ke kelas 604 dan duduk di samping bangku yang kosong, jauh diantara kerumunan kelompok yang sudah saling mengenal. Gue duduk menunggu dan berharap ada seorang teman yang gue kenal dan gak lama mereka datang dengan muka sok ganteng (berharap ada cewe yg ngelirik) padahal itu temen gue dan ya, gue gak asing lagi sama lagaknya yang begitu haha. Yaitu mas budi.

"Weh, Ndah sendirian aja lu?"
"Kaga.. itu banyak orang.." sambil menunjuk ke sekelompok anak diujung sana
"Haha.. maksud gue menyindiri aje"
"Oh.. lebih enak di sini sih kayaknya hehe"

gak lama pun anak-anak mulai memasuki kelas dan hari pertama di semester 4 berjalan lancar. Hari selanjutnya gue membuat kesalahan gue udh berusaha biar image gue bagus gitu ya, dikelas baru. Eh, tetep aja gue dengan sikap dodol gue itu, kalau gak salah disuruh buat ketua kelas sama bu Linda, kata beliau "Yang cowo berdiri" dan entah kenapa gue ikut berdiri tanpa sadar. Sesaat teman menyadarkan Dan gue pun malu bukan main. Kalau gak salah udah gue tulis di sini deh hehe.

Oh ya, gue punya 1 temen. Kita baru kenal juga sih di semester ini tapi berasa udah kenal lama. Namanya itu Eko, btw mungkin temen-temen banyak yg ngira Kita temen lama dan tanpa terasa juga si eko suka duduk di sebelah gue. Dan gue sendiri suka ngelarang temen-temen gue duduk disebelah gue karena itu udah menjadi tempat khusus tersendiri. Kalo diinget suka lucu aja sih haha.. sampe-sampe anak 613 kelas gue di semester 3 pun ngebuat gosip yang nggak-nggak. Ngeledek gue di grup WA, di kelas dll. Ya, siapa lagi kalau bukan dari anak cowo di kelas 604 yang menyebarkan gosip yang enggak-enggak.
Mungkin Eko gak sadar, tapi di setiap gue Dan eko sedang ngobrol banyak cowo termasuk kelasan gue dengan muka heran menatap. Mungkin pikiran mereka "Si, Endah tumben deket sama cowo yang baru dikenal tapi udh akrab banget", "Apa ada something diantara mereka?" Yap, jadilah bahan gosip hahaha..

Udah ah, gue gak mau banyak nyeritain eko di sini nanti orangnya keGRan. Terus pas dia tau gue nulis ini dia kesenengan namanya di Highlight hahaha.

By the way, rasanya baru kemaren gue masuk semester 4 Dan sekarang udah mau semester 5. DI semester 5 nanti udh penjurusan otomatis kelas baru lagi, temen baru lagi Dan adaptasi lagi. Hueee itu artinya gue bakal pisah dari temen-temen gue yang sekarang, jujur gue udh merasa nyaman banget deket mereka. Gue berharap banget bisa sekelas diantara salah satu dari mereka. Karena gue sendiri memilih jurusan marketing manajemen atau bisnis manajemen haha. Asli, dulu smk gue gak paham apa itu manajemen bahkan gak Ada sedikit pun minat gue di manajemen lah ternyata gue malah kecemplung sama omongan gue sendiri.

Di 604 gue mencoba menjadi sosok teman yang baik. Entah penilaian mereka terhadap gue gimana yang penting gue udh nunjukin sikap baik ke mereka.

Overall mereka semua juga asyik-asyik gak jarang mba wulan si ibu rumah tangga yang kece badai, dengan kepiawannya bicara dan stock ilmu yang ada di otaknya mampu menjadikannya sebagai sosok ibut yg independent. Yup, omongannya kadang pedes pertama kali gue kenal jujur gue rada sanksi sama beliau tapi ternyata emang orangnya begitu, kata temen-temennya jangan diambil hati omongannya. It's ok gue mencoba mengerti itu. Tapi ternyata dia baik juga, lucu juga Dan seru orgnya pokoknya best mother bgt lah hueheh.

Gue juga kenal sama fitri namanya Nur Safitri. Namanya hampir sama kaya gue ya.. cuma gue Dwi Sapitri wkwk. Fitri sosok yang baik dan friendly banget menurut gue, dia gak mandang siapa pun orangnya utk dijadikan teman, mau org itu bego kek, jelek kek, miskin kek. Yang gue liat sih gitu. Dia juga gak sungkan nyeritain segala usahannya dan cita-citanya yg ingin menjadi pengusaha muda. Semoga segala mimpi mu dapat terkabulkan ya Aamiin.

And than Wanda Dan Desi, meski gue juga baru kenal mereka. Ternyata mereka juga welcome banget sama gue. Setiap mereka jajan Dan mereka selalu menawarkan gue entah itu cilok, cimol, bakso dll. Wanda cowo yg pertama gue kenal Dan gue pernah sekelompok sama doi. Orangnya enak, gak kaya cowo lain yg bisanya cuma numpang nama. Kalau si Wanda, ikut kerja, Bantu nyari materi dan bagi tugasss.. istilahnya Kita baru kenal loh gitu terus dia gak sungkan buat bantuin apa yg dia bisa kerjain gitu. Gue kasih bintang 5 buat Wanda hehe. #ratingGojekKaliAkhhhh

Dan Desi sendiri yang gue tau suka diledekin terus sama Wanda entah Ada apa diantara mereka berdua haha.. disaat mereka diledekin gue cuma bisa ketawa. Yang gue tau desi juga lumayan pinter, pinter ngitung. Buktinya banyak yg nyotek sama dia pas UTS Dan UAS. Dan dia juga gak pelit. Apa jgn" Desi terpaksa nyontekin yak wkwk.

Terus Ada miftah Dan encep,. Si pasangan serasi di kelas, gue pikir encep jomblo hahahaha... Sempet naksir dikit sama encep. Eh pas tau udh punya miftah ya remuk hati adek bang#loh haha. Nggak Deng. Suka di sini adl maksudnya bukan suka perasaan sih tapi lebih suka ke penampilan. Karena encep sendiri klo kekampus juga Rapih, mukannya juga gak Jelek-jelek amat hehe. Tapi sebenrnya gue lebih tertarik sama cowo yg rada pinter dari gue Kaya model siapa ya .. hmm Kaya eko dah pinternya. Tapi eko kadang males haha. #NahKanEkoLagi -.- back to encep.. encep sendiri orgnya suka songong. Sombong juga klo diliat dari awalnya haha. Tapi dia sebenernya lucu,iseng juga suka ngatain gue gendut.

Lalu, miftah.. awal gue liat dia pasti selalu sama encep. Gue mikir ini org berdua pacaran Kali yak. Eh, emg bener pacaran dr semeter 1 katanya haha. Gilssss awet semoga sampe jenjang pernikahan ya Aamiin. Klo nikah jgn lupa undang gue haha. Miftah juga cantik, entah gue demen aja liat muka miftah, gue sebagai cewe pun seneng liat mukannya #EiitssssBukanBerartiGueLesbay. Gimana si ya klo liat cewe Cantik terus ngerasa Kita kok jelek banget gitu.. aplg muka miftah it bersih, gue kdng dalem hati ngebatin "Dia itu manis, mukannya bersih juga pantes aje encep kepincut" haha. Tapi miftah ini Kaya rada Judes gitu yang gue liat diawal. Tapi gatau juga.. dia cuma rada gak peduli aja kayaknya sm org yang gak dikenal gitu. Gue liat...

Terakhir Ada Trika. Waktu itu liat trika masuk kelas dengan terlambat. Dia duduk depan dgn membawa tas LPDP tahun 2016. Wah dalem hati gue langsung ke girangan "Yoi.. dateng lpdp juga. Bisa diajak ngobrol nih kayaknya" Dan jam istirahat pun gue menyapa. Gue Tanya dia detng pas ke lpdp tahun lalu gitu? Tapi kata dia.. "Nggak, ini mamah aku yg dateng" ternyata.. mamahnya guru. Hmm.. dari keluarga yg berpendidikan rupanya, beda jauh sama keluarga gue yang mana Nyokap lulusan SMP, bokap lulusan SD. Tapi bokap gue akuin dia emang pinter. Namanya orang kampung ya dlu mau sekolah aja susah. Makanya gue sekarang gak mau nyia-nyiain kesempatan gue kuliah dengan susah payah ini. Huft.. Ada rasa ambisi gue utk bisa dapat kuliah aboard gitu. Niatnya mau bagi cerita sama Trika, mengenai LPDP eh malah cerita kalau dia kuliah di dua instansi haha. UIN Dan UNPAM "Keliatannya pinter nih" kata gue dalem hati. Dan ternyata emang pinter hahaha. Trika juga temen sekelas Eko disemester 3 dlu. So, Eko pinter Trika pinter kadang suka lucu klo dipelajaran mereka saling adu debat dan pendapat. Disaat Trika selesai mengerjakan tugas, Eko suka nyinyir "Gile, udah selesai aje dia" gue cuma bisa ketawa dalem hati haha. Trika juga orangnya baik, klo Ada yang nanya juga dikasih tau sama dia, Dan kadang gak sungkan untuk nyontekin haha..

Mengapa harus dipersatukan apabila akhirnya dipisahkan. Mengapa harus 1 semster saja bertemu selanjutnya terpecahkan.  Meski bertemu hanya 1 semster tapi percayalah kalian org" yg baik yang pernah aku temui. Maaf gk bisa disebut satu persatu. Tetap, Kalian selalu aku ingat didalam pikiran satu persatu.

By the way.. kalo diceritain semua bakal panjang nih haha.. sekarang pukul 2.11 am karena tulisan ini udh terpendam selama 2jt abad jadinya Baru selesai Hari ini haha.

Dan gue mau hibernasi dlu karena besok kerja.

So.. see u soon and success for u all.
Thanks for the good moment in the class 604. See u on graduation. 

Rabu, 02 Agustus 2017

Arti Kata Kerja Forget dan Cara Menggunakannya dalam Kalimat

8/02/2017 04:29:00 PM 0
Kata kerja forget, dalam bahasa Inggris, berarti lupa atau melupakan. Kata kerja ini bisa digunakan dalam arti yang sebenarnya yakni lupa atau melupakan seseorang atau sesuatu, dan tidak bisa memikirkan atau mengingat (sesuatu/seseorang), baik yang disengaja maupun tidak. Kata kerja ini juga lazim digunakan sebagai bentuk perintah/instruksi (kepada seseorang) untuk melupakan (sesuatu atau seseorang)
Kata kerja ini bisa digunakan sebagai transitive verb (diikuti objek) maupun intransitive verb(tidak diikuti objek). Beberapa sinonim kata kerja forget antara lain: fail, not remember to, forget, overlook, bury, pigeonhole, make it up, tine dan disremember.

Contoh Penggunaan Kata Kerja Forget

Verb 1:

Contoh 1: Simple Present Tense (Let+V1)
  • Let’s forget this case, we still have bright day.(Mari kita lupakan kasus ini, kita masih memiliki hari yang terang).
Contoh 2: Simple present tense (intransitive verb)
  • I forget about the story, since it took place tens of years ago.(Saya lupa tentang cerita itu, karena sudah terjadi puluhan tahun yang lalu).
Contoh 3: Simple past tense (negative)
  • Did you forget the moment when we met for the first time?
    (Apakah kamu lupa momen saat kita bertemu untuk pertama kalinya?).
Contoh 4: Imperative
  • I Should not have said that. Forget it!
    (Saya tidak seharusnya mengucapkan itu. Lupakan saja!)

Verb 2:

Kata kerja forget merupakan salah satu irregular verb atau kata kerja tidak beraturan. Bentuk Verb 2 dari forget adalah forgot, dan hanya digunakan pada kalimat simple past tense.
Contoh 1: Simple Past Tense
  • I forgot my book yesterday so teacher punished me.(Aku lupa membawa buku kemarin jadi guru menghukumku).
Contoh 2: Simple Past Tense
  • I had to pay the fine, since I forgot about paying the electric bill before the due date.(Saya harus membayar denda karena saya lupa membayar tagihan tepat waktu).

Verb 3:

Bentuk Verb 3-nya adalah forgotten/forgot, bisa digunakan kalimat perfect tenses maupun kalimat passive voice.
Contoh 1: Simple Future Tense (Passive Voice)
  • You will be forgotten if you don’t take this mission.(Kamu akan dilupakan jika kamu tidak mengambil misi ini).
Contoh 2: Past perfect tense (negative)
  • He had not forgotten the sweet memory with the lady.
    (Ia belum melupakan kenangan manis bersama gadis itu).

Verb+Ing

Untuk menggunakan kata kerja forget dalam kalimat Continuous (progressive) atau sebagaiGerund, cukup tambahkan akhiran –ing setelah menambahkan huruf ‘t’ terlebih dahulu. Hasilnya adalah forgetting.
Contoh 1: Present Future Perfect Continuous Tense
  • Bryan will have been forgetting his wife after her death last month.(Bryan akan melupakan istrinya setelah kepergiannya bulan lalu).
Contoh 2: Gerund
  • Forgetting someone you really love is very difficult.(Melupakan seseorang yang benar-benar kamu cintai itu sangat sulit).
http://carabisabahasainggris.com/arti-kata-kerja-forget-dan-cara-menggunakannya-dalam-kalimat

Komunitas Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan