Selasa, 11 Oktober 2016

The First My Business (Belajar ANTI GENGSI, belajar PROMOSI dan MENGATUR UANG TAMBAHAN)

Hi readingers, how are you today?

Woa?

Fine?

Yes, Me Too

Judulnya The first my businnes, jadi gini manteman... hari sabtu tgl 8 itu gue, dan ini udah tanggal berapa? baru nulis? HAH?!

ternyata jualan di kampus itu seru juga!
berawal dari ke isengan sih, waktu kemaren nyokap gue emang biasa jualan dari gue kecil gue emang di hidupin di keluarga seorang pedagang dari gue kecil mungkin SD. Nyokap gue rajin jualan. contohnya pas di bulan puasa dia itu kadang suka buat gorengan, cendil-cendil, mutiara bubur, sayur mateng, Bahkan jualan sayur mentah kaya pedangan sayur gitu juga pernah katanya. Oh ya nyokap gue juga jago jahit baju dulu makanya dulu itu namanya Jahit Bujur, bahan kain yang berpotongan absurd kalo gue bilang tapi dengan ketelatenan tangan nyokap tuh bujur bisa jadi baju. Kalau di inget perjuangan nyokap gue itu luar biasa gengs.. dia bukan seorang wanita karir, dia juga bukan dari lulusan perguruan tinggi bahkan sepertinay Sma saja tidak -_-, Gini gengs.. gue bukan bermaksud mengungkit-ungkit masalalu keluarga gue.

Gue banyak belajar dari beliau, bahwa hidup ini terus berjalan dan ketika kamu di posisi paling bawah ingat kita masih punya ALLAH yang akan mengatur jalan rezeki kita dari mana pun itu. Nyokap mengajarkan kita bisa usaha apapun, berjualan pun bisa menghasilkan uang asal satu kuncinya TIDAK MALU!

Jadi sebenernya sabtu kemarin itu nyokap emang biasa jualan di depan warnet (milik sendiri) yang emang kebetulan di jaga sama bokap, karena bokap udah pensiun dan dari pada dirumah dan warnet gak ada yang jaga mending bokap aja deh. Pemilik warnet itu sendiri adalah Kaka gue, ya ya warnet itu adalah usaha yang bisa dibilang sempat JATUH BANGUN loh.. why ?, kalau kalian tanya kenapa? coba kalian rasain yang namanya USAHA hehe., ya masalahnya sih sepele, kalian tau Warnet di indonesia itu kaya gimana? kalian berfikir pasti Jorok, banyak asap rokok, tempat cowo-cowo gitu, semerawut. SAMA!!! hahahah nah masalahnya itu mulai dari penjaga warnet yang gak bener, biasanya penjaga warnet itu dicari gamusti lulus SMA, smp pun bisa asal, jujur dan mau dengan gaji kecil. PERCAYA MANA ADA YANG MAU LULUSAN SMA JAGA WARNET?! dengan gaji tergantung pemilik sih huahaaha, nah dari situ warnet yang tidak di kelola dengan baik maka akan habis begitu saja pada akhirnya, listrik mah jalan terus tapi duitnya kaga ada wkwk...
eh bahkan dulu sempet warnet abang gue itu tutup untuk beberapa saat, ya mungkin karena rugi dan yang jaga itu gak tanggung jawab.
setelah tutup otomatis yang jaga jadi pengangguran kan? RASAEN makanya kalau dikasih amanat jaga yang bener! hahaha #jahat
beberapa bulan tutup gak lama ada yang dateng malem-malem kerumah, masih remaja sih cowo, mungkin seumuran gue. Gue tanya
"Nyari siapa ya?"
"Mas herunya ada?"
"Oh gak ada lagi kerja, kenapa?"
"Warnetnya gak buka lagi ya?"
"Kayaknya sih nggak, kenapa?"
"Bilangin ya, tolong buka lagi gitu, gue bakal jagain yang  bener deh"
JRONG JORNG JRONG JRONG
TERNYATA DIA yang buat warnet kaka gue bangkrut.. somplak lah
"Lahhh.. hahaha gatau dah gue, emang lu siapa? ya kalaupun buka lagi kaka gue gabakal pake lu lagi lah haha" kata gue dengan syetannya
"Yah, yaudah tolong bilangin gitu aja ya."
"Inshaallah"

Gengs... gue tau keadaan tuh orang tadi, mungkin dia gak seberuntung kita bisa menikmati bangku sekolah SMA bahkan kuliah, makanya pekerjaan apapun dia ambil, tapi coba aja bayangin kalau aja dia bisa jagain warnet itu dengan bener mungkin dia gak akan kehilangan pekerjaannya, dan gak merugikan pihak manapun. Giliran itu apa? Jadi kasian kaya ngemis gitu kan kesannya. Niat baik buat bantu orang yang butuh kerjaan ya malah yang di kerjaain sama orang hehe..

Intinya gengs mencari orang yang jujur dan dapat di percaya itu sekarang susah.. Swmoga kita menjadi pribadi yang jujur ya :)

Yap begitulah sedikit cerita jatuh bangun warnet..

Btw, gue jualan di kampus itu karena Nyokap gue di hari sabtu itu mau urut nah dari pada dagangannya gak kejual dan malah ke makan sendiri ya akhirnya gue jual di kampus huahuaa...

dijual 1 risol itu 1500 2 risol 3000 dan itu pun kata anak-anak murah banget, biasanya risol kaya gitu dijual 2000 satu atau bahkan 3000 satu yang isinya pasta mayones telur dan daging. Yah karena kan kita jual cuma isinya sayuran aja hehe. :)

So apa bisnis pertama mu?

niatnya mau di perdalam sih bisnis ini tapi baru planning, mau buat cut sticker nya nanti gitu, setiap yang beli di kasih cuting stiker unyu dari akooooh ehhehehe..

Bismillah ^,^V


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komunitas Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan