Sabtu, 26 Desember 2015

5 Month of My Layouter (Share Pengalaman Kerja)

pukul 23:58 wib aku sengaja menulis ini karena aku tidak bisa tidur entah apa yang membuat ku tidak bisa tidur padahal besok jadwalku kuliah dan tugas pun menanti
karena tulisan ini semepat tertunda jadi ku ganti aku menulis ini pukul 14:04 haha

Btw entah apa yang membuat aku menulis segala kegiatan ku gak segalannya sih hanya beberapa saja yang menurutku pantas untuk di tuliskan, banyak orang yang bertanya kepadaku
"Ndah jadi layouter gimana rasanya? apalagi kerja diperusahan ternama gitu?"
"Ndah jadi layouter gimana sistem kerjanya?"
"Ndah pasti gaji lu gede kan kerja jadi layouter" Ebusehh astrid banget ini si mata duitan haha
"Ndah ko lu bisa sih masuk situ?" Gapercaya ya? sama endah sendiri juga gapercaya
"Ndah ada Loker gak?" ini sih sering banget haha



jawaban dari pertanyaan yang pertama adalah
Rasanya seneng bersyukur kepada Allah SWT, kalo boleh dibilang lebay emang lebay tapi beneran ini gatau harus berbagi kebahagian sama siapa.. semoga yang baca ini bisa ikut bahagia juga hehe AMIN . kalo dibilang kehidupan mulai berubah emang iya sedikit lebih dipandang di masyarakat SEBAGAI , bukan sebagai Bu polwan #hiks tapi sebagai anak yang mandiri karena masyarat hanya tau dari luarnya saja ya mereka para tetanggaku banyak mengatakan "Si endah itu anak nya bla bla bla" aku yang mendengar dari mulut emak ku hanya bisa tersenyum miris terkadang masyarakat hanya bisa melihat saat kita benar-benar MENJADI SESUATU tanpa melihat yang namanya PROSES DAN WAKTU

kata dosen kita itu harus punya pekerjaan impian kita , kita harus punya tujuan dan hidup kita.. saat ditanya sebgaian temanku oleh pak dosen mereka hanya menjawab " gatau pak.. kitamah ikutin arus ajaa..." OH GOD ternyata masih banyak yang berfikiran seperti itu pak dosen juga bilang " Kalian itu sebgai laki-laki kalian ini akan menjadi imam utk para wanita nanti kalian harus mulai mentata diri dan juga masa depan kalian loh" entah setelah pelajaran bisnis itu pak dosen mulai menceramahi teman-teman ku terutama anak laki. Aku yang mulai tertarik akan pembicaraan sang dosen pun menutup buku bacaan ku yaitu novel yang kubaca belum sampai selesai itu akhirnya mendekat dan ikut memperhatikan pak dosen berbicara sumpah pak dosen dengan sosok yang sederhana walau aku akuin ya pak dosen sendiri ini emang gak anteng cuma pemikirannya yang membuat semangat kita-kita dan kayaknya pak dosen ini enak dijadiin Curcol haha.

oke lanjut jawaban dr pertanyaan yang kedua
ini pertanyaan yang sebenernya rada panjang utk dijelasin hehe,sistem kerjanya sendiri ya emang dasarnya udah sejurusan ya pas SMK jadi gak terallu sulit sih, awal emang aku merasa kesulitan tapi lama kelamaan aku beradaptasi dan pastinya jadi layouter itu juga harus bisa menyesuaikan gambar dengan isinya gak hanya cuma ngelayout aja pernah juga aku kena tegur oleh atasan dan itu WAJAR namanya anak baru kan pasti butuh bimbingan dan arahan... saat itu aku ngelaout dengan amat sederhana pada sebuah buku yang kini ingin cetak ulang ya menurutku itu sederhana sekali :'( sampai akhrinya ataan bilang " Ini kamu ngelayout kosong banget kurang gimana gitu.. , saya masih ngerasa kurang aja.." lantas ku jawab " Iya maafin saya pak..., saya udah berusaha untuk ngelayout dengan tipe yang say abuat tapi kata editor gausah terlalu banyak katanya" "Oh gitu?" "iya paak.. apa mau saya buat lagi layoutnya?" "ah gausah deh mau naik cetak nanti kelamaan"

ya begitulah teguran yang aku dapat dari atasan..makanya aku sendiri dituntut untuk belajar perfectionist, Rapih, dan cepat jadi gimana? kebayang gak kerjaannya gimana? hahaa anak baru disiruh adaptasi di lingkungan kerja dan salah itu WAJAR jadi so enjoying ur job and love ur job lakukan sepenuh hati apapun pekerjaanmu :)

jadi layouter itu harus bisa melihat mana tulisan yang harus di penggal seperti kata ke-terlaluan atau keter-laluan ? dan juga harus rapih. . aku yakin penilaian merka selama aku bekerja selama 6 bulan ini ku yakin belum maksimal seperti apa yang mereka harapan.. TAPI aku mencoba untuk tetap berusaha lebih baik lagi dan lebih baik lagi



lanjut jawaban ke tiga
Gaji Gede? aku tanya apa yang kalian harapakan dari suatu pekerjaan? GAJI? oke fine.. tapi disatu sisi KITA lihat dulu prospek kerjannya apa ia pekerjaan seperti Maaf sebelumnya seperti OB bisa mendapatkan gaji 3 jt rupiah perbulan? Mungkin tidak? Ya mungkin aja sih tapiiiiiii jarang dilihat lagi latar belakang kita lulusan apa dan pekerjaan dan profesi kita sebagai apa? jadi gini walaupun kita udah berstatuskan atau bertitle S1 tapi kalo belom ada pengalaman sepertinya hasilnya tidak jauh diatas UMR nah yang lulusan smk atau sma bisa saja UMR bisa jadi juga dibawah UMR :) jadi aku pribadi ya.. seandainya aku menjadi orang yang belum pernah berpengalaman dalam dunia kerja dan aku mendapatkan suatu pekerjaan walau itu gaji kecil atau gajinya dibawah Umr ya aku terima asalkan itu halal dan mencukupi kebutuhan ku terutama tanggungaku haha.. dan juga mengasih kedua orang tua ku pastinya INTINYA ITU PENGALAMAN :) masalah gaji inshaallah.. ALLAH akan mengatur semuanya mengatur sesuai kebuthan kitanya.. pernah sih terbayang gimana ya rasanya gajian 5 jt perbulan haha tapi aku urungkan niatku untuk berfikir yang tidak-tidak ya perccuma juga ku teruskan kalo cuma bisanya mikir tanpa ada action alias usahannya? emang duit 5 juta bisa turun dari langit keluar dari tanah gitu aja?? hehe


"Ndah ko lu bisa sih masuk situ?" ini pertanyaan nyelekit sekaligus nusuk bingit kayaknya seakan-akan gapantes gitu buat kerja di tempat yang diinginkan aku sih cuma bisa tersenyum kecut sama pertanyaan ini.. INGET YA semua orang itu BISA menjadi apapun yang dia mau CUMAN SAJA kadang tuhan belum mengabulkan doa kita untuk bisa menjadi itu semua? so believe in ur self yaa percaya sama yang maha kuasa juga hehehe...

"ndah ada loker ga?" sekali pertanyaa ku coba membalas pesan yang amsuk di fb ku ku jelaskan secara rinci alamat dan juga sistem kerjanya dan posisinya ya intinya sih aku sudah memberi tahu dan entah apa yang dilakukan oleh mereka yang bertanya padaku.. apakah mereka pergi menaruh lamaran atau malah diam saja .. TOH PERCUMA ku jelaskan PXLXT kalau dianya saja tidak semangat untuk mencari tau sendiri apa ia kita berpangku tangan terus terhadap orang lain JANGAN TUMBUH SEBAGAI BENALU YA KAWAN :)

"ndah masih ada loker ga?" 2 x pertanyaan itu ku balas secara halus
"Ndah bisa minta alamat websitenya gak?" aku bukannya kesal dengan seuatu percakapan itu tapi ini zaman udah canggih handphone yang kamu pake sebenernya jug abisa buat ngecek alamat websitennya... ku coba memeberi tahu alamat twitter dll

Karena aku pun samaa aku mendapatkan pekerjaan disana pun dibantu teman untuk coba mengecek alamat twitternya tapi teman ku tidak langsung memberi tahu ada loker atau tidak ya teman ku juga hanya bicara seperlunya malah dia langsung menyuruhku untuk rajin melihat accoun atau website kompas.. pada suatu kesempatan entah mungkin ini jalanku aku melihat ada loker yang cocok sebagai posisi layouter atau design grafis .. gak berharap untuk dipanggil karena dulu pernah aplly melalui email .. bahkan datang langsung dengan naik kopaja dan panas-panasan pun itu pun gak ada panggilan... ya aku hanya bisa berharap hingga pada akhirnya kau mulai dipanggil dan mengikuti proses seleksi demi seleksi dan hingga sekarang ini..

Jadi ?? apa?  intinya never give up ya kan?
aku hanya bisa membantu sedikit seperti yang aku bisa aku bukan yang teratas disana aku pun hanya bawahan yang masih bau kencur bahkan bau tanah disaana,., jadi belum ada hak untuk ku membawa karyawan kesana .. DA AKU MAH APA ATUH? hehe

untuk teman-temanku sekiranya sikapku terlalu sombong bicaralah
sekiranyanya sikapku terlalu songong maafkanlah
sekiranya aku terlalu cuek mengertilah...

dan berPEKA lah bahwa kalian lah yang harus lebih berusaha .. akupun sama seperti kalian yang IRI melihat temanku bekerja di perusahaan ternama seperti itu.. akupun INGIN seperti temanku yang bisa menjadi bagian didalamnya Aku pun BERFIKIR bahwa aku tak bisa mengandalkan temanku ituu.... jadi aku masuk situpun murni tanpa bantuan temanku atau campur tangan temanku..

biasanya orang kalo mau kerja cepet ngomong seenaknya saja "Nitip lamaran dong?" oh god aku sendiripun bingung mau ngasih lamaran itu kesiapa aku gak berani merekomendasikan seseorang yang belum ku kenal sebelumnya.. :)


semoga ALLAH SWT selalu melindungi ku aku juga dirimu, semoga ALLAH selalu memberikan kebahagian untuku juga untukmu.. semangat selalu dan pantang menyerah :)


oke sekian dan terimakasih hehe enjoy ur reading Genngs !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komunitas Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan