Senin, 30 Maret 2015

Kisah si Alay ( Anak Layangan) dan permaian nya.

3/30/2015 10:36:00 AM 0
Asslamualaikum Warahmatullahhi Wabaraokatuh

Kisah si Alay ( Anak Layangan) dan permaian nya.
Siapa yang tidak tahu layangan ? sejak aku kecil aku senang bermain layangan tidak hanya itu saat bermain layangan aku selalu membayangkan aku bisa terbang tinggi seperti layangan. Namun ada kekurangan layangan yaitu mudah putus saat kita adu benangnya dengan layangan lain dan benang yang lebih tajam.
Layangan yang terbuat dari beberapa bilah bambu dan di tipiskan serta dihaluskan dan diukur sama panjang.. layangan pun memiliki sebuah lagu, pernah kah kalian mendengar lagu itu ? kira kira begini
Kuambil bulu sebatang kupotong sama panjang kuraut dan kutimbang dengan benang kujadikan layang – laying. Bermain berlari bermain layang – layang berlari ku bawa ke tanah lapang hatiku riang dan senang.
Lagunya seperti itu dan acap kali aku nyanyikan saat sedang membuat layangan. Biarpun aku wanita aku senang bermain layangan ku kumpulkan uang untuk membeli layangan yang sudah jadi seharga 500 rupiah dank u pasangkan benang gelasan yang kata teman – temanku itu cukup tajam dan kuat saat aku mengadukan layangan ku dengan layangan teman ku.
Ku ulurkan panjang benang ku dan meminta bantuan kepada temanku untuk mengulurkan dan aku yang menaikan layanganku.. namun aku tak jago dalam hal menaikan layangan setiap sudah naik setengah lantas layangan tersebut turun kembali karena kurang angin. Aku memutuskan untuk meminta bantuan temanku kembali untuk menaikan layangku.
Saat layangan sudah naik tinggi barulah aku yang mengendalikan layangan itu. tak jarangan layanganku nyungsruk entah kemana. Mungkin ke genteng rumah orang dan nyangkut di pohon pernah juga nyangkut di tiang listrik. Tak mau ambil pusing aku bebet benang layangan ku dan putuslah layanganku.
Masa kecil ku amat bahagia. Saat setelah layangan ku putus keesokan harinya aku membelinya kembali dan meminta bantuan kepada anak yang lebih dewasa dari ku untuk memainkan layangan ku. Jelas saja dia sudah jago dari pada diriku. Dia memodifikasi layanganku ia memotong beberapa helai Koran untuk dipasangkan di bagian sayap kanan dan kiri serta bawah.
Guna memasangkan beberapa helai Koran yang telah di robek dan dipasangkan adalah untuk menjaga keseimbangan layangan terhadap angin jelas nya padaku.aku memperhatikannya bermain dan sesekali mencoba mengendalikan layanganku yang ku lihat telah jauh terbang tinggi di langit. Aku senang melihat layanganku terbang tinggi seperti itu.
Banyak teman ku yang membeli benang cukup panjang hanya agar layangannya pergi , terbang jauh di langit. Mereka mencamupurkan segala macem benang entah benang gelasan benang biasa , benang kenur. Mereka mengikat dan menggulung dan dijadikan satu pada sebuah kaleng bekas oli atau botol yang diisikan pasir.
Saat terbang tinggi layanganku beraudu dengan layangan temanku. Aku panic tak bisa mengendalikannya kucoba mengulur tarikan agar layangan temanku yang putus namun kenyataannya. Layanganku lah yang putus. Dan jatuh begitu saja teman – temanku yang mengetahui layanganku “KETEL” atau putus langsung mengejar dan berbut layangan ku.
Ya siapapun yang berhasil mendapatkan layangan ketel itu menjadi miliknya dan mereka harus berebut dan yang mendapatkan pertama ialah yang berhak. Layangan juga bermacam – macam bentuknya kalian tahu layangan KOANG? Aku menyebutnya layanan hiu karena bentuknya yang besar dan berlubang di bagian tengahnya serta ada senar karet atau tali di atasnya saat terkena angin layangan itu akan berbunyi ngueeeng ngueeeng layaknya motor.
Aku memang tak pernah memilik layangan seperti itu.. namun aku menyukai layangan itu karena dahulu anak dari sebelah rumahku mempunyai layangan seperti itu. dia 5 tahun diatas ku karena saat itu usia ku sekitar 7-9  tahun dan kebanyakan dari mereka adalah laki – laki. Saat kecil aku memang sudah bermain layaknya laki – laki.
Banyak permainya kecil yang ingin kuceritakan selain bermain layangan aku juga bermain batu 7 yaitu permainan yang tersusun dari 7 batu lalu kita semua gambreng dan yang kalah haruslah mencari. Jika 7 batu itu dipukul oleh pemukul pertama dan belum juga jatuh semua dan memencar masih bisa dilanjutkan oleh pemukul kedua jika sampai pemukul terakhir batu juga belum jatuh dan memencar di berikan 3 x kesempatan jika ke 3 nya gagal maka pemukul terakhir yang jaga.
Saat batu jatuh dan memencar kemana-mana penjaga harus menyusul kembali seperti semula hingga 7 batu dan diletkan batu sejajar untuk diinjak dan jika ia menemukan musuhnya akan di injak dan dikatakan “HONG” artinya ketemu contoh saja “HONG ENDAH” artinya “Endah Ketemu” sungguh menarik bukan? Permainan ini sama halnya dengan petak umpet hanya bedanya petak umpet menutup muka dan menghitung lalu mencari. Namun batu tujuh hitungan waktu tidak ditemukan ia tergantung si penjaga seberapa cepat ia menyusun batunya kembali.
Permainan kecil yang paling kusuka selain layangan dan juga batu tujuh ada juga bermain kasti. Kalian tahu kasti ? permainan bola tangan dan di pukul oleh kayu dan jenis pukulan lainnya. Ada pelempar dan juga ada pemukul ia terdiri dari 5 – 5 bisa lebih juga jadi saat tim A menang untuk memukul dan tim B kalah untuk menjadi penjaga dan mematikan sang lawan.
Teknik pemukulannya yaitu memikul dan mengarahkan bola agar melambung tinggi saat sudah berhasil memukul akupun meletakan pukulan itu di bawah dan aku berlalri menuju ruang I terus bergantian seperti itu dan hingga menuju ruang II , III IV sampe ke ruang bebas.
Aku kangen masa itu .. masa dimana gak ada fikiran dan beban sedikitpun. Masa yang hanya inginnya main dan main saja bersama teman – teman juga sahabat. Masa kecilku sangat lah bahagia. Ku habiskan waktu ku untuk bersenang – senang dan membuat kenangan disaat aku dewasa seperti ini.
Setiap kali pulang kerumah pakainaku tak ada yang bersih selalu saja kotor entah terkana tanah ataupun oli apapun itu. aku tidak perduli aku sangat senang mengabiskan masa kecilku bersama temanku setiap pagi hari aku berlari pagi dan setelah berlalri aku juga bermain basket kemudian makan nasi uduk budeh yang orek nya bikin ketagihan.
Menyalakan petasan saat awal puasa dan di tahun baru berkeliling rumah untuk membangunkan saur warga. Dan juga memnajat pohon cery dan membuat rumah pohon diatasnya. Tak jarang aku juga suka terjatuh dari atas pohon namun aku tak pernah nangis aku justru tertawa bersama teman temaku.
Namun sekarang semuanya telah berbeda jaman semakin berkembang dan tak ada lagi permainan jaman dulu dan tradisional seperti dulu. Anak jaman sekarang lebih mementingkan gadget dan internet memang jaman sekarang benar-benar beda dari jaman ku dahulu.
Jika aku melihat anak SD dan SMP diangkot berbicaraa soal cowo yang ia sukai di sekolahnya dan juga tentang handphone yang di pegangnya aku sungguh miris dan hanya tersenyum miris. Aku tak mampu berkata saat mendengar dan melihat itu bahkan aku pun tak segaul anak SD dan SMP itu handphone ku baru beberapa bulan ini saja canggih sebelumnya handphone ku juga hanya bisa untuk sms dan telefon tidak ada BBM atau Line Watsapp dan semacamnya.
Namun kenyataannya saat diangkot ku lihat ank SMP sudah bermain BBM dan Instagram Line dan semacamnya. Jujur saat SMP pun aku belum memilik handphone dan masih sungguh polosnya.
Aku tidaklah menyalahkan jaman aku hanya miris melihat para orang tua yang terlalu bebas member segala nya kepada sang anak. Banyak sekali kejadian penculikan pemerkosaan dan lainnya yang di timbulkan dari media social seperti facebook dan bbm dan lainnya.
Semakin canggih jaman semakin terlupakan pula permainan tradisional ini. Entah apa yang terjadi dengan Negara kita ini 10 – 20 tahun kedepannya. Bahagiannya masa kecil tanpa GADGET dan INTERNET

















Senin, 23 Maret 2015

Dekat Dihati

3/23/2015 02:09:00 PM 0
#Aku disini dan Kau disana hanya berjumpa via suara namun ku slalu menunggu saat kita akan berjumpa.. meski kau kini jauh disana kita memandang langit yang sama JAUH DIMATA NAMUN DEKAT DIHATI...

saat hati ini mulai tertutup dan tak ada niatan untuk membukanya kembali namun seseorang membuatku luluh begitu saja.. dengan petikan gitarnya dan nyanyiannya membuatku luluh dan meleleh layaknya lilin yang panas.. dikala hatiku dingin dan ia datang begitu saja untuk menghangatkan Namun aku tak ingin terlalu terbawa perasaan.
aku terkesan olehnya karena sudah berniat menyanyikan sebuah lagu untuk ku. walau kita belum bertatap muka sebelumnya dan baru berkenalan 4 hari ini aku masih merasa singkat untuk itu.

akan ku ikuti arus air ini kemana dan akan berakhir dimana dan seperti apa, kita jalanin ini apa adanya dan mari kita saling memberi semangat untuk ini.
aku cukup terbuka untuk semua orang namun hanya beberapa orang yang membuatku nyamaan. saat aku mulai nyaman akan mereka. mereka pergi begitu saja meninggalakan ku.
ya datang dan pergi sesuka mereka...
Ah.. mungkin ini terlalu terbawa perasaan yakin ku dalam hati

Aku pernah bermimpi ingin sekali ada seorang laki - laki yang mampu memetik gitar dan menyanyikannya hanya untuku.. entah langsung atau via telfon atau video.
Aku tak pernah menyangka jika hal itu baru saja terjadi kemarin ..
Tak berkedip aku menatapnya..
Ku Hargai niat nya
dan ku mengaguminya dari jauh..
Dari sini..

Mungkin sebagian orang menganggapku berlebihan dan norak dan lainnya tapi percayalah teman saat kalian memipikan sesuatu dan itu terjadi apa yang kalian rasa?
Pastinya bahagia dan terharu bukan?

tahu kah kamu ?
Sekarang aku belum berperasaan padamu tapi entah nanti ? hanya waktu yang mampu menjawab semua tanyaku .. juga tanya mu ..

APAKAH AKU SUKA PADAMU?

Sekarang kita jalani saja yang ada dan yang ku ketahui saat sudah menjadi pacar mungkin tak akan seindah saat kita pendekatan.

date of 22 maret 2015

Senin, 02 Maret 2015

mengingat kembali

3/02/2015 05:55:00 PM 0
entah kenapa ada kejadian yang pengen banget gua tulis waktu disekolah . beberapa diantaranya gak banyak emang sih soalnya gua juga udah rada lupa nah mumpung gua masih inget sedikit demi sedikit gua mau mencoba menceritakan dan menuliskan semuannya disini.
dari banyak nya temen gua disekolah dan sahabat gua juga. banyak dari mereka mempunyai sifat yang berbeda beda dan mempunyai keunikan tersendiri.

gua punya temen namanya davire raka sory banget kalo namalu gua tulis di blogger. gatau kenapa tiba - tiba inget kejadian lucu yang dia perbuat.
gua sama dia udah 6 tahun sama - sama #GAKBOSEN? wkwkwk ya soalnya smpnya bareng smk sama juga jurusan sama juga udah gitu selama 3 tahun lagi :v.  dulu di smp dia gendut tapi dia pinter makanya dijadiin ketua kelas atau wakil ya lupa. pas di smk menadadak kurus gua herman dong eh maksudnya heran  haha.. gua tanya dia pas kelas 3 smk akhir.
gua lagi duduk sama nita cuma ada gua dan nita diluar dan davire yang dari dalem keluar dan akhirnya dia ikutan nimbrung dan ngobrol entah kita ngobrolin apa tapi seinget gua kita ngoborolin masa SMP dan perubahan anak SMP juga perubahan dia.
"eh lu tau si xxx?" kata gua
"iya tau ngapa?" tjawab nita
"katanya dia peeep #sensor "
"ya allah .. yang bener lu ?" tanya nita lagi
"ya ... buktinya dia gakpernah masuk sekarang ?"
"ajigilaaa paraah"
"tai kali?" tanya rere
"tapi gatau juga baru katanya..."
"malu maluin nama sekolah aja"
"oh iya si yyy tuh ngapain dia pindah kesini cuma masuk sehari doang?" tanya nita
"lah au ta.. "
"gajelas ege tuh cewe haha masuk cuma sehari " saut rere
"eh lu inget gak temen smp yang namanya Arum N ?" (namadisamarkan)
ya jelas rere nanaya gitu ke kita berdua soalnya kita satu smp juga haha
"inget gua kenapa?" tanya gua
"iya tau gua yang dempulnya di tepak ngebul hahahahaha" kata nita
"hahaha pea dah"
"dia ngapa bisa begitu ya?"
"gatau setau gua dulu dikelas x dia alim banget dia juga cantik kalo kata gua.." jawab gua
"emang cantik ege gua kan dulu suka sama dia haha" rere jujur
"ANJIRRRRR DEMI APA?" saut gua dan nita
"demi dah gua ..."
"kenapa bisa? kan banyak cewe yang alim haduuuh"
"eh gua kan gatau kalo dia akhirnya begitu ... , gua kira dia alim cantik gataunya BLANGSAK wkwkwk" rere tertawa geli
"iya sih gua kira juga sama... dia baik kok sayang aja dia bertemen sama orang yang gak bener jadinya begitu dah" kata nita
"ho'oh ho'oh eh eh gua masih penasaran kok lu bisa suka ? tapi sekaranag masih suka gak?" tanya gua penasaran
"kagaa lah gilaa !! eh sebandel - bandelnya gua , gua juga pengen dapet bini yang alim ... gua udah tau dia begitu ya gua gamau lah.. lu tau gak gua kurus karena apa?"
"apa apa?"
"karena dia lah hahaha"
"anjiirrrr demi apaa lu?" saut gua nita kembali
"jiah kaga percaya dia.. dulu tuh gua habis lulusan smp gua tuh bertekat kurus dan gua mau nembak dia eh pas tau di Facebook dia begitu jadi geli gua ih ih ih" rere menggeliat layaknya ular
"..... BAHAHAHHAHAHAH" gua dan nita terbengong sebentar dan kemudian ngakak melihat pengakuan rere
"jadi sebenernya cinta pertama lu itu si arum?" tanya gua
"iya bisa dibilang gitu..."
"haha tapi gak sia - sia kok re lu kurus juga tapi yang gua gak sangka lu kurus demi ceweek !!"
"iyaa bener haha..."
"trus trus lu tau kan EVI D ?" tanya gua
"iyalah tau gua "
"haha siapa sih yang gak kenal orang cantik yekan ?" kata gua lagi
"apaan cantik sih tapi sombong gila" jawab rere
"sombongnya?" tanya nita
"iya anjir gua nanya kabar aja kaga dibales dibales singkat banget"
"wahahaha sialan lu re gua capek ketawa mulu" jawab gua
"makanya lu gausah ngejar - ngejar yang cantik haha" saran nita
"tau lu yang pasti menyukai lu ada eh lu gamau sok banget sih lu hahaha" kata gua
"siapa yang suka sama gua?"
"ya yang ituuuu siapa lagi" kata gua menunjuk kelas mm
"gamau gua itu"
"gaboleh gitu re .. suatu saat lu bakal nyesel ngomong gitu" kata nita


udah disitu kita bertiga ngakak sengakak ngakaknya ... nginget masa smp dan kejadian lucu mungkin dicerita ini gak sama persis ama yang asli tapi seinget gua sih gitu eheh gatau cuma bertiga apa ada banyak orang tapi kayaknya si rostika ada deh haha.


***************************************************************************

gede tanjung

nama aslinya adalah Hari novendra tanjung tapi badannya gede tinggi kaya apa yaa.. kaya atlet sepak bola dah.. dan emang cita - cita dia tuh pengen jadi pelatih bola kayaknya mah.
gua menyebut dia GEDE TANJUNG nama GEDE terisnpirasi dari GEDE BAGUS yaitu penyanyi dr jebolan audisi X Factor. gua ngasih nama gede karena iseng aja emang gua orangnya isengdia juga kalo gua panggil GEDE suka marah dan bales manggil gua dengan sebutan
"jawir" "mbateng" kurang ajar tuh orang emang !!

disaat gua manggil
"eh gedee !!"
"apan sih jawir" itu gua masih maklum tapi kalo dia udah manggil
"eh gede !!"
"apaan sih mbateng ??" bah disitu gua langsung
"brengsek lu hahaha" dan mukul badannya yang gede

kejadian yang gua inget dari gede tanjung waktu gua galau gegara pkl antara pkl dan kesetujuan orangtua. sampe disekolah guru-guru pun tau kalo gua gak dizinin pkl disitu. gua mencoba nelfon anak yang emang mereka semua pkl bareng. gua nangis sek - sekan. dan yang lain pun pada mencoba mendiamkan gua dalam telfon gua tetep gak diem malah nambah kejer. dan sampe akhirnya si gede tanjung yang mencoba berbicara gatau awalnya gimana tapi yang gua denger dari telfon sih pada ngomong
"si endah nangis"
dan gak lama suara si gede di telfon
"haloh?"
"halo siapa nih ?"
"gua tanjung.."
"oh lu gede ngapain lu nita mana?" nada sedih
"ada nih disamping gua"
"eh lu mau baju bola gak?"
"ah lu gede nanyain baju bola sekarang .. berapaan emang?" gua mencoba menghapus air mata
"murah 75 an"
"ah mahal.. kalo gratis gua mau"
"gratis bae lu, gua kaga dapet duit dong kalo gitu haha"
denger si gede marah gitu gua gabisa nahan ketawa dan akhirnya gua ketawa gara-gara si gede makasih gede hahaha gabakal pernah lupa deh :D. wakau hanya via telfon

oh iya kemaren si gede bbm gua kebetulan banget gua juga kangen sama dia semenjak kelulusan belom ketemu lagi waktu bakar - bakar dia gak ikut. semua nya gua kangen kok tapi kalo orang yang gak kenal gua banget - banget ya anggepnya gua sombong. hehe
dia nanya kabar kerja apa kuliah dan gua seneng deh si gede ada kemajuan dia udah daftar kuliah di Unpam tahun ini , semoga gua bisa nyusul kaya si gede tanjung. AMIN


******************************************************************************




Komunitas Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan