Rabu, 10 Oktober 2012




 BACA AJA COBA









Apa perbedaan antara Blog dan Website ?
PDF Print E-mail
Tutorial&Article - Web Design
BlogAnda sudah tau Blog bukan. Bagi kita yang sering menjelajah dunia maya pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Coba aja lakukan Searching di Google pasti banyak link dari Blog yang akan diarahkan oleh Google. Dan memang dengan keberadaan blog ini sangat membantu kita dalam mencari referensi materi / ilmu baik di bidang komputer atau lainnya yang kita inginkan.
Banyak orang yang menanyakan kepada saya tentang perbedaan Blog dan website, pertama-tama saya sempat bingung menjelaskan kedua hal ini. Beberapa pertanyaan yang sering mereka lontarkan adalah :




  1. Mengapa kalau kita membuat website lewat jasa penyedia layanan pembuatan web itu harganya mahal ( > 1 juta) padahal untuk membuat Blog dan langsung online bisa dilakukan dengan gratis ?
  2. Apa yang membedakan antara Blog dan Website, dilihat dari penampilan blog juga bagus, sama2 online dan sama-sama berisi artikel ?
  3. Kenapa masih banyak orang yang rela mengeluarkan uang disakunya untuk membuat website, padahal blog kan gratis?
Saya pribadi sebagai pencetus web Zhu Desain sempat dibuat bingung menjawab setiap pertanyaan tersebut. Tapi saya coba untuk menjelaskannya satu persatu di bawah ini :
Berikut saya tampilkan pengertian Blog diambil dari id.wikipedia.org

Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Dan berdasarkan kutipan di atas saya ambil kesimpulan bahwa :

Blog (Web Log) merupakan bagian dari website yang biasanya berisi teks-teks atau artikel-artikel yang di tulis berdasarkan catatan harian (Diary), bisa berupa kegiatan sehari-hari atau pemikiran dan ide-ide dll. Pada Blog biasanya antara admin dan pengunjung sering terjadi interaksi baik tanya jawab/diskusi. Karena berupa catatan harian, makanya web satu ini lebih sering diisi oleh pemiliknya sehingga memungkinkan banyak artikel di dalamnya.

Jadi kesimpulannya Blog juga adalah website. Cuma website yang satu ini disebut Blog karena sesuai dengan fungsinya seperti yang saya utarakan di atas.

Kalau Blog juga adalah website, berarti lebih baik kita semua buat Blog aja daripada harus mengeluarkan biaya yang besar untuk membuat website ?

Banyak orang yang berpikir demikian, tapi tunggu ya penjelasan saya belum selesai.

Walaupun perkembangan Blog sangat pesat, tapi masih banyak orang / perusahaan / lembaga yang masih menggunakan penyedia jasa layanan pembuatan website dengan memikirkan hal-hal sebagai berikut :


1. Dari sisi tampilan / Design

Terdapat layanan penyedia Blog Gratis yang sangat terkenal yaitu blogspot.com dan wordpress.com, dari kedua web tersebut kita juga bisa mendapatkan berbagai macam theme / template yang gratis dan semuanya cantik-cantik untuk merubah tampilan default.

Tidak semua orang memiliki selera yang selalu berbeda, karena banyaknya pengguna yang memiliki Blog yang menggunakan kedua layanan tersebut, sehingga tak jarang kita temukan tampilan Blog yang sama satu dengan yang lainnya. Walaupun bisa diubah sedikit-sedikit tapi secara keseluruhan masih sama.


Dan itu yang sangat tidak diinginkan oleh perusahaan / lembaga / perorangan yang sangat serius dengan masalah web ini. Mereka menginginkan yang bukan hanya bagus tapi juga unik/berbeda dengan web lainnya.


Oleh karena itulah masih banyak perusahaan / lembaga / perorangan yang masih menggunakan penyedia jasa layanan pembuatan website untuk merepsentasikan keinginan mereka tersebut baik yang melakukan pendesainan dan pencodean dari awal dengan pemrograman PHP, MySQL, XHTML dan CSS ataupun yang menggunakan web CMS seperti Joomla!, Drupal dll yang tampilannya bisa diubah / di customize dengan lebih mudah. Dan tidak semua orang memiliki kemampuan menguasai hal tersebut.


Butuh waktu dan ketekunan untuk mendesain tampilan web CMS hingga bisa terlihat unik, apalagi kalo harus mendesain tampilan dan database dari awal.


2. Fiture
Bumm.. ini salah satu kekurangan web log(Blog) yang disediakan oleh penyedia layanan gratis seperti Blogspot.com dan Wordpress.com, Banyak Fiture-fiture yang tidak bisa kita lakukan disini. Semuanya hanya berkisar antara artikel saja. Bagaimana kalo kita ingin punya web yang memiliki fiture-fiure sebagai berikut :
  1. Form Pendaftaran Mailing List,
  2. pendaftaran Siswa Online,
  3. Gallery gambar,
  4. Buku Tamu,
  5. Contact Form,
  6. Form Jual Beli Online (E-Commerce),
  7. Forum,
  8. Web E-News dengan user yang lebih dari satu dan lain-lain (Kalo web E-News usernya 1 repot bgt kali yah) dll.
Semua itu harus didesain sendiri, atau kalau menggunakan CMS bisa mencari komponen/module yang bisa digunakan untuk melakukan hal tersebut.

3. Fungsi / Kegunaan Website.


Tidak semua website dirancang untuk kebutuhan artikel saja. Banyak Penyedia Jasa Layanan web yang sengaja membuat Team Programmer untuk merancang Website yang khusus digunakan untuk kebutuhan tertentu seperti :
  1. Web SIA (Sistem Informasi Akademik).
  2. Sistem Informasi Kepegawaian.
  3. Sistem Informasi Perpustakaan.
  4. E-Learning (Pembelajaran Online).
  5. Sistem Absensi Pegawai.
  6. dan lain-lain.
Yang tentu saja tidak bisa dilakukan di Blogspot.com atau Wordpress.com

4. URL

Bagi Perusahaan / Lembaga / perorangan yang ingin web contohnya untuk kepentingan bisnis, sangat menjaga sekali profesional dari web yang akan digunakan untuk mempromosikan usahanya tersebut.

Bila URL dari web bisnis kita ada wordpress.com atau blogspot.com di belakangnya akan mengakibatkan hal2 seperti berikut :
  1. Menimbulkan keraguan bagi calon pelanggan yang akan membeli produk yang kita tampilkan di website.
  2. Kita disangka tidak serius dalam mengelola bisnis, webnya saja gratisan, mungkin aja usahanya hanya fiktif dan hanya menipu saja.

Berbeda kalo kita menggunakan domain dan hosting berbayar seperti .com .net .biz dll, kita akan dianggap serius dalam mengelola bisnis yang kita lakukan sehingga pelanggan tidak ragu-ragu dalam mentransfer uang untuk membeli produk yang kita jual.

Banyak sekali web yang menyediakan penjualan Online, dan kebanyakan pelanggan lebih percaya pada website yang dikelola dengan serius (bukan gratisan). Karena saya pribadi pun selalu berpikiran yang sama jika akan melakukan transaksi secara online.


Bahkan untuk kebutuhan Boutique Online, walaupun mereka punya blog untuk memperlihatkan photo baju2 yang ada, tetapi mereka tetap memiliki web khusus yang menyediakan layanan pemesanan Online yang tidak gratis tentunya.


Demikian penjelasan dari saya. Bila Anda ingin menambahkan keterangan di atas atau tidak setuju dengan pendapat saya bisa isi comment di bawah ini.

# 6 pebedaan website dan weblog 

Bayak diantara Newbie yang tidak tau apa itu website? apa itu weblog? apakah ini site? apakah ini situs? apa perbedaan antara website dengan weblog? bagaimana ciri-cirinya? yang pasti blog merupakan bagian dari website tapi belum tentu Website merupakan blog, bagaimana tambah bingung? ^_^, dengan perkembangan dan inovasi  dari para Blogger (pengelola blog) terkadang sulit juga membedakan antara website dengan blog, tapi gambarannya senagai berikut:
  1. Pengelola: Kalau website biasanya yang punya perusahaan atau milik badan bersama, sedangkan blog milik perorangan. 
  2. Letak isi: Kalau Website berupa halaman, sedangkan Blog isi yang baru akan menimpa atau menggantikan yang lama. 
  3. Halaman: Website-->Terdiri dari page dengan link untuk mengakses, Blog berupa CSS (Cascading style Sheet) yaitu sistem halaman bergulir. 
  4. Alamat: Website-->Domain dan Hosting berbayar, Blog-->Sifatnya gratis 
  5. Template: Website-->Variatif sesuai dengan keahlian si pembuat website, Blog-->Menggunakan template yang sudah disediakan. 
  6. Tujuan: Website--> Komersil, sarana promosi, Blog-->Tempat menyalurkan ide, krease, aspirasi
Perbedaan yang saya utarakan diatas sebenarnya tidak mutlak dan baku tapi bersifat keumuman saja seperti saya sampaikan pada paragraf pertama dalam artikel ini yaitu dengan perkembangan dan inovasi  khusunya dalam dunia Blogger, sehingga sebuah blog hampir mirip dengan sebuah website.Mudah-mudahan anda sedikit tidak terlalu bingung lagi dalam perbedaan antara website dengan weblog.










 2

Apa itu Domain Name (Nama Domain)

oleh 





Domain Name by piestobis

Domain Name adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi server komputer di jaringan komputer yang tergabung dalam internet.

Berdasarkan artikel di wikipedia:
A domain name is an identification label to define a realm of administrative autonomy, authority, or control in the Internet, based on the Domain Name System (DNS).
Pada awal internet di kembangkan, satu sistem bernama IP address digunakan untuk memberikan alamat kepada masing-masing server yang tergabung ke dalam jaringan internet. IP Address ini berupa deretan angka. contohnya: 208.77.188.166. Jadi jika user internet hendak mengakses satu data di satu server, yang dia perli lakukan adalah mengakses server tersebut dengan mengetikkan alamat IP Address tersebut.
Namun seiring dengan laju perkembangan internet yang berkembang dengan sangat pesat, terjadi satu masalah: Pengalamatan dengan menggunakan IP Address dinilai kurang manusiawi. Kebanyakan orang kesulitan menghafal berdigit-digit angka seperti IP Address. Maka dari itu, munculah ide untuk memberikan alias menggunakan alfabet yang lebih manusiawi dan mudah dihafal dari pada pengalamatan menggunakan IP Address yang kurang manusiawi.

Contoh:

IP Address dari satu server adalah 208.77.188.166. karena mengetikkan berdigit-digit angka seperti itu kurang manusiawi, maka dibuatlah domain name www.example.com sebagai alias dari 208.77.188.166. Siapapun yang mengakses www.example.com, secara otomatis akan diarahkan ke server yang beralamat di 208.77.188.166.

Kesimpulannya:

Domain Name (Nama domain) adalah nama unik yang digunakan sebagai alias dari satu alamat IP server. Ketika kita mengakses satu domain name, secara otomatis kita mengakses satu server dengan satu IP Address tertentu yang di alamatkan oleh domain tersebut.

Beberapa Istilah seputar domain:

  • Top Level Domain – bagian paling belakang dari sebuah domain name
  • Second Level Domain – Bagian setelah Top Level Domain
  • Subdomain - domain yang menjadi bagian dari domain yang lebih besar

Untuk ketiga istilah diatas, paling mudah dengan menggunakan contoh langsung:
www.list.bloggingly.com
  • com adalah Top Level Domain
  • bloggingly adalah Second Level Domain
  • list adalah subdomain

1 komentar:

Komunitas Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan